Pria

Sembelit Selama Seminggu, Usus Pria Ini Jadi Hitam dan Terpaksa Diangkat

Jangan anggap sembelit sebagai hal yang sepele.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi sakit perut (shutterstock)
Ilustrasi sakit perut (shutterstock)

Himedik.com - Seorang pria Kaohsiung, Taiwan hampir mati karena dia tidak buang air besar selama seminggu yang menyebabkan penumpukan kotoran.

Pria 80 tahun tersebut diketahui menderita demam tinggi, linglung dan pingsan sebelum dibawa ke rumah sakit, dilaporkan worldofbuzz.

Para dokter melakukan beberapa tes pada dirinya untuk mengetahui masalahnya dan menemukan bahwa ususnya penuh dengan kotoran.

Hal ini menyebabkan dia menderita kolitis karena ususnya meradang dan dokter mengatakan bahwa kondisi ini dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa seperti sepsis atau peritonitis jika dia tidak datang ke rumah sakit.

Pria itu menjalani operasi dan dokter mengatakan mereka menemukan sebagian ususnya telah nekrotikan atau infeksi dan berubah menjadi hitam, yang berarti jaringan di sana telah mati.

Ilustrasi greek yoghurt. (pixabay)
Yoghurt bisa bikin pencernaan lancar. (pixabay)

Dokter bedah tidak punya pilihan selain mengangkat ususnya. Pria paruh baya itu pun harus dirawat di rumah sakit selama setengah bulan.

Dokter mengatakan ketika usus dalam kondisi sehat, mereka biasanya berwarna merah muda tetapi satu bagian dari usus pria itu telah menjadi hitam karena kotoran yang menumpuk selama seminggu.

Dokter menyarankan orang lain untuk tidak menganggap sembelit sebagai hal sepele karena itu bisa menjadi masalah serius.

Dokter juga menegaskan bahwa minum 2 liter air sehari dapat membantu meringankan sembelit. Selain itu, makan makanan yang seimbang dan tepat dengan makanan berserat tinggi sangat penting.

Berita Terkait

Berita Terkini