Pria

Pria Harus Baca, Ini Cara Menjaga Kebersihan Mr P

Dokter beberkan cara menjaga kesehatan organ intim.

Vika Widiastuti

ilustrasi Mr P - (Pixabay/derneuemann)
ilustrasi Mr P - (Pixabay/derneuemann)

Himedik.com - Kebersihan organ intim adalah hal yang harus dijaga, baik oleh pria atau wanita. Apalagi  lokasi Mr P yang tertutup membuat virus dan bakteri lebih cepat berkembang biak.

Disampaikan dr. Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV, dokter Klinik Pramudia, pada lelaki, hal terbaik untuk menjaga Mr P selalu bersih adalah dengan menjalani sirkumsisi atau sunat. Ternyata, kata dr. Dian, sunat tak hanya dilakukan dengan alasan agama, tapi juga kesehatan organ intim lelaki.

"Pada lelaki, poin pentingnya adalah sirkumsisi. Kalau melakukan sirkumsisi, seluruh batang Mr P terbuka, jadi jika pembersihan dilakukan sewajarnya sudah bisa untuk membersihkan semua area," ujar dr. Dian dalam temu media di Jakarta, Kamis (28/3/2019) diberitakan Suara.com.

Sebaliknya, dr. Dian menambahkan, pada lelaki yang tidak disunat mengalami penumpukan smegma di bagian kulup penis. Hal ini membuat virus dan bakteri senang menempel di atasnya dan bereplikasi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, agar pembersihan organ intim menjadi lebih mudah, lelaki diimbau untuk melakukan sirkumsisi.

"Buat yang belum disunat juga bisa membersihkan Mr P dengan cara membuka kulup. Kalau daya tahan tubuh baik, sebagian besar virus maupun bakteri akan hilang sendiri. Kalau imun buruk, maka kita harus curiga jangan-jangan bakteri bisa berkembang," tandasnya. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini