Pria

5 Tes Kesehatan yang Harus Dijalani Pria Sebelum Berusia Usia 40 Tahun

Simak di sini.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

ilustrasi dokter - (Pixabay/valelopardo)
ilustrasi dokter - (Pixabay/valelopardo)

Himedik.com - Pemeriksaan kesehatan sangat penting bagi setiap orang terlepas dari usianya. Dalam banyak kasus, mungkin tidak ada banyak tanda yang bisa kamu perhatikan jika ada masalah dalam tubuh.

Itulah mengapa sangat baik melakukan tes rutin untuk mengetahui apa yang terjadi dalam tubuh. Melansir dari menshealth, ini 5 tes kesehatan yang harus kamu jalani sebelum menginjak usia 40 tahun.

1. Tes kolesterol

Tes ini mengukur jumlah kolesterol — baik HDL atau jenis baik, dan LDL atau jenis buruk dan sejenis lemak dalam darah yang disebut trigliserida.

Kolesterol tinggi berarti kamu memiliki jumlah plak yang tidak sehat di arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

2. Tes tekanan darah

Pemeriksaan tekanan darah setidaknya setiap tiga hingga lima tahun begitu penting. Tekanan darah tinggi yang didefinisikan sebagai 130/80 mm Hg atau lebih tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika tidak ditangani.

Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)

3. Tes gula darah

Tidak semua pria di bawah 40 tahun perlu diskrining untuk diabetes tipe 2.

Tetapi jika indeks massa tubuhmu lebih besar dari 25 dan kamu memiliki setidaknya satu faktor risiko lain seperti kolesterol tinggi atau riwayat keluarga diabetes, kamu harus diskrining setiap tiga tahun.

4. Tes mata

Tes mata harus dilakukan sebab ini juga bisa mengecek glaukoma, penyakit di mana tekanan yang terlalu tinggi di mata dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

5. Tes kanker kulit

Pemeriksaan tahunan dapat membantu dokter kulit melihat pertumbuhan yang lebih dini, ketika itu lebih mudah untuk diobati, menurut American Academy of Dermatology.

Pemeriksaan rutin mungkin sangat penting jika kamu memiliki faktor risiko kanker kulit, seperti rambut merah, memiliki riwayat keluarga melanoma atau memiliki tahi lalat yang mencurigakan.

Berita Terkait

Berita Terkini