Pria

Sesama Penyintas Kanker, Sutopo Minta Ani Yudhoyono Makan Buah dan Ikan Ini

Sutopo Purwo Nugroho sarankan Ani Yudhoyono konsumsi buah, ikan dan minuman ini sebagai sesama penderita kanker.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Kondisi Ani Yudhoyono setelah 3 bulan menjalani pengobatan di Singapura (instagram/@annisayudhoyono)
Kondisi Ani Yudhoyono setelah 3 bulan menjalani pengobatan di Singapura (instagram/@annisayudhoyono)

Himedik.com - Beberapa tahap kemoterapi kanker darah telah membuat tubuh Ani Yudhoyono, istri Susilo Bambang Yudhoyono tidak stabil. Sutopo Purwo Nugroho sebagai penyintas kanker pun paham betul kondisi Ani Yudhoyono hingga menyarakan konsumsi berbagai jenis makanan sehat.

Sutopo yang menderita kanker paru-paru cukup sering berbagai pengalamannya dan memberikan dukungan kepada Ani Yudhoyono melalui instagram pribadinya. Nampaknya, ia cukup mengikuti perkembangan kondisi kesehatan Ani Yudhoyono yang selalu dibagikan melalui media sosial.

Seperti beberapa waktu lalu Annisa Pohan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengabarkan kondisi terbaru Ani Yudhoyono usai melewati tahapan kemoterapi. Annisa Pohan mengatakan Ani Yudhoyono sempat mengeluhkan sesak napas dan kesakitan karena efek samping tahapan kemoterapi.

"Sebenarnya sih ibu berusaha untuk kuat dan berusaha semangat ya. Saya melihat dari kanker darah yang ibu alami sih pasti sakit sekali ya. Akhir-akhir ini mulai merasakan napas yang sesak, mulai banyak air dalam tubuhnya, mulai kekurangan oksigen, terus kalau gerak ke kanan ke kiri mulai merasakan ada yang sakit," kata Annisa Pohan dalam acara Rumpi Trans TV, Selasa (16/4/2019).

Sutopo Purwo Nugroho sarankan Ani Yudhoyono makan ikan gabus (Instagram/@sutopopurwo)
Sutopo Purwo Nugroho sarankan Ani Yudhoyono makan ikan gabus (Instagram/@sutopopurwo)

Kabar itu rupanya terdengar hingga telinga Sutopo yang mengunggah foto Ani Yudhoyono di instagramnya beberapa hari lalu. Ia memberi tahu kepada Ani Yudhoyono bahwa tahapan kemoterapi memang memberikan banyak efek samping bagi tubuh, salah satunya kondisi tidak stabil.

"Bu Ani SBY....Menjalani kemoterapi pasti membuat stamina tubuh drop, nafsu makan turun, Hb darah turun, rasa mual, muntah, rambut rontok, dan tubuh rasanya tidak nyaman dan menyakitkan. Apalagi ditambah masih harus minum obat-obatan," tulisnya di instagram @sutopopurwo, Rabu (17/4/2019).

Sutopo mengakui paham betul dan pernah merasakan berada di posisi Ani Yudhoyono sebagai penyintas kanker. Ia mengatakan Ani Yudhoyono sebagai survivor kanker harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya agar bisa menjalani kemoterapi secara rutin setiap bulannya, begitu pula penyintas kanker lainnya.

"Di satu sisi tubuh kita harus tetap sehat karena harus menjalani kemoterapi berikutnya per 3 minggu sekali. Saya juga pernah mengalami hal itu saat kemoterapi. Para survivor kanker pun juga merasakan hal yang sama seperti itu," lanjutnya.

Ia pun menyarankan beberapa menu makanan dan minuman yang harus dikonsumsi Ani Yudhoyono untuk menjaga kesehatan tubuhnya selama melawan kanker, seperti jus buah, air putih hingga ikan gabus.

Sutopo mengatakan beberapa makanan ini dapat mengurangi efek samping kemoterapi dan minum air putih yang banyak juga mampu membantu melarutkan cairan kemoterapi dalam tubuh.

"Untuk mengurangi efek kemoterapi itu, perbanyak minum jus buah naga, bit dan buah lainnya. Minum air putih yang banyak untuk melarutkan cairan kemo di tubuh. Makan ikan gabus atau yang protein tinggi. Minum penambah nafsu makan. Coba untuk meditasi untuk menenangkan hati," sambungnya.

Tak lupa, Sutopo juga memberikan dukungan kepada Ani Yudhoyono agar tetap semangat melawan kankernya bersama survivor kanker lainnya yang turut berjuang dan mendoakannya. Ia pun berharap Ani Yudhoyono dapat kembali pulang ke Indonesia berkumpul dengan keluarganya dalam kondisi sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini