Pria

Mr P Menggelembung seperti Balon, Pria 30 Tahun Ini Disunat

Ada dua kista yang tumbuh di Mr P pasien.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi masalah Mr P - (Shutetrstock)
Ilustrasi masalah Mr P - (Shutetrstock)

Himedik.com - Seorang pria 30 tahun disunat setelah Mr P miliknya membengkak hampir menyerupai balon. Berdasarkan keterangan dokter, ada kista pada Mr P pria itu.

Diberitakan Daily Mail, Jumat (3/5/2019) kemarin, akibat kista tersebut, Mr P pria itu terus membengkak selama tiga tahun. Ia pun pergi memeriksakan diri ke departemen urologi di Justice K S Hedge Charitable Hospital di Karnataka, pantai barat daya India. Di sana, sang pasien menunjukkan ujung Mr P yang bengkak dan menggelembung, bahkan hampir bulat sempurna.

Pasien didiagnosis dengan kista epidermoid, yang merupakan penumpukan cairan atau zat semi-cair di kantong kulit. Ada dua kista yang ditemukan dokter pada Mr P pria itu, dengan posisi bersebelahan. Masing-masing kista tersebut berukuran 3,5 cm kali 2,5 cm kali 1,5 cm dan 2 cm kali 1,5 cm kali 1 cm.

Menurut dokter, pasien menderita phimosis, suatu kondisi di mana kulit khitan menjadi terlalu kencang untuk ditarik. Selain itu, ada pertumbuhan yang halus dan lunak juga dalam Mr P pasien.

Ilustrasi balon - (Pixabay/annca)
Ilustrasi balon - (Pixabay/annca)

Lantaran Mr P pasien terlalu bengkak, untuk mendiagnosis dengan baik, para dokter perlu memotong kulit khitannya. Setelah memberikan anestesi spinal, dokter pun menyunat pasien dan mengangkat dua kista pada Mr P-nya.

''Pembengkakan itu dikeluarkan seluruhnya dan prosedur sunat selesai dilakukan,'' tulis ahli bedah dalam sebuah laporan di Journal of Medical Case Reports. ''Pemulihan pasien kami pasca-operasi berjalan lancar dan lukanya telah benar-benar sembuh.''

Setelah melakukan tes untuk kedua kista itu di laboratorium, tim medis mengonfirmasi bahwa keduanya adalah kista epidermoid. Menurut penjelasan mereka, jarang ada kejadian lebih dari satu kista epidermoid tumbuh pada alat kelamin.

''Kista epidermoid adalah tumor jinak yang paling umum terjadi pada kulit yang timbul dari folikel rambut secara spontan atau setelah mengalami trauma. Mereka bisa muncul pada kulit di seluruh bagian tubuh, terutama di daerah kepala, wajah, leher, dan perut. Namun, kista epidermoid Mr P jarang terjadi,'' terang mereka.

Meski begitu, kondisi yang diderita pria itu tidak mengancam jiwa, dan dia berhasil disembuhkan dengan operasi untuk mengeluarkan kista dan menghilangkan kulupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini