Jum'at, 13 Desember 2019

Mulanya Susah BAB, Pria Ini Ternyata Didiagnosis Alami Kanker Pankreas

Ia awalnya memutuskan pergi ke dokter untuk memeriksakan keluhannya beserta kesulitan buang air besar.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi rumah sakit. (Unsplash/Marcelo Leal)
Ilustrasi rumah sakit. (Unsplash/Marcelo Leal)

Himedik.com - Seorang kakek berusia 59 tahun asal Bristol  mengalami susah buang air besar (BAB). Selain itu kulit tangan dan kakinya terasa gatal dan matanya menguning.

Pria bernama Chris Davey tersebut ternyata didiagnosis kanker pankreas. 

Ia awalnya memutuskan pergi ke dokter untuk memeriksakan keluhannya beserta kesulitan buang air besar.

Dokter pun langsung mendiagnosis bahwa keluhan yang dialami Chris Davey merupakan gejala kanker pankreas yang mematikan.

Dua minggu setelah didagnosis kanker pankreas, Chris Davey menjalani operasi selama 8 jam. Sebelumnya, ia telah menjalani berbulan-bulan kemoterapi.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

 

Tetapi, kanker pankreas yang diderita Davey hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi.

Davey mengaku terkejut ketika didiagnosis menderita kanker pankreas. Padahal ia merasa hidupnya sangat terjaga dengan tidak merokok maupun minum alkohol.

"Ini bermula dari kaki dan tangan saya yang terasa gatal. Rasanya seperti siksaan dan mungkin anda tidak akan mempercayainya. Kotoranku juga berubah, wujudnya tidak lagi merah dan ada bau yang aneh," katanya dikutip dari Daily Mail.

Tetapi, Davey termasuk orang yang beruntung. Karena, kanker pankreas yang dideritanya dapat ditemukan sejak awal tidak seperti kasus lainnya.

Artinya, Davey juga lebih cepat mendapat penanganan medis untuk mengatasi penyakitnya. Mengingat kurang dari 10 persen pasien kanker pankreas yang memiliki keburuntangan sebesar Davey.

Terkait

Terkini