Kamis, 20 Juni 2019

Manfaat Jus Pare Atasi Diabetes, Penyakit yang Dialami Ayah Dewi Perssik

Sebelum meninggal dunia, ayah Dewi Perssik diketahui menderita penyakit kencing manis, paru-paru serta ginjal.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Dewi Perssik dan ayahnya - (Instagram/@dewiperssikreal)
Dewi Perssik dan ayahnya - (Instagram/@dewiperssikreal)

Himedik.com - Duka tengah menyelimuti artis Dewi Perssik. Sang ayah, Mochammad Aidil meninggal dunia kemarin sore, Minggu (9/6/2019).

Ayah Dewi Perssik meninggal dunia ketika menjalani perawatan di Rumah Sakit MRCCC Siloam. Semanggi, Jakarta Selatan sekitar pukul 14.45 WIB.

Sebelum meninggal dunia, ayah Dewi Perssik diketahui menderita penyakit kencing manis, paru-paru serta ginjal.

Bahkan penyakit kencing manis atau diabetes ayah Dewi Perssik sudah mengalami komplikasi yang membuat kondisinya terus menurun sampai meninggal dunia.

Melansir dari NDTV, diabetes termasuk penyakit yang menyebabkan kematian terbesar ketujuh di seluruh dunia.

Ilustrasi pare. (Shutterstock)
Ilustrasi pare ternyata bisa membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes. (Shutterstock)

 

Ada banyak jenis diabetes dari yang paling ringan hingga membutuhkan penanganan serius, yakni diabetes tipe 1, tipe 2, prediabetes dan diabetes gestasional.

Kurangnya kesadaran dan keterlambatan diagnosis bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius dan penderita mungkin saja mengalami komplikasi diabetes.

Bahkan penderita diabetes pun biasanya disarankan untuk menjaga pola makan dan gaya hidup untuk mencegah terjadinya komplikasi. Karena, apapun makanan yang dikonsumsi penderita diabetes bisa memengaruhi kadar gula darah dalam tubuhnya.

Adapun satu minuman yang dipercaya dapat mengobati dan mengurangi risiko komplikasi diabetes yakni jus pare. Ada banyak manfaat jus pare yang dianggap sebagai tonik dan efektif mengatasi diabetes.

Menurut dr Anju Sood, ahli gizi di Bangalore mengatakan jus pare membuat insulin penderita lebih aktif. Artinya, jika insulin aktif maka kadar gula darah akan lebih terkontrol dan tidak akan berubah menjadi lemak.

Sehingga kondisi ini membantu penderita menurunkan berat badan. Selain itu, rasa pahit pada pare juga mengandung sejumlah zat aktif dengan sifa anti-diabetes, salah satunya charantin.

Pare mengandung senyawa polypeptide-p seperti insulin yang telah terbukti mampu mengendalikan diabetes secara alami. Zat ini akan bekerja mengurangi maupun mengontrol kadar gula darah dalam tubuh manusia.

Cara membuatnya, cuci bersih dan belah pare menjadi dua bagian. Lalu singkirkan bijinya dan iris pare menjadi kecil-kecil.

Setelah diiris, rendam potongan pare ke dalam air dingin selama 30 menit. Kemudian blender potongan pare dengan tambahan setengah sendok teh garam dan perasan lemon sampai mendapatkan konsistensi yang baik.

Minumlah satu gelas jus pare tersebut secara rutin dan cek kadar gula darahmu.

Terkait

Terkini