Selasa, 23 Juli 2019

Susu Bawang Putih Ampuh Atasi Asma Seperti yang Dialami Ahmad Dhani

Asma adalah kondisi pernapasan kronis yang menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran udara.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi bawang putih. (Pixabay)
Ilustrasi bawang putih. (Pixabay)

Himedik.com - Ahmad Dhani yang divonis satu tahun penjara kini ditempatkan khusu di ruang tahanan bebas asap rokok di LP Cipinang. Hal itu bukan tanpa alasan, melainkan karena kondisi kesehatannya yang ternyata menderita penyakit asma.

"Ya itu sudah kita perhitungkan bahwa nanti dia (Ahmad Dhani) menempati kamar satu kamar dengan yang tidak perokok. Karena beliau menderita penyakit asma," ungkap Oga Darmawan saat ditemui di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2019).

"Jadi kita tempatkan dengan latar belakang sebelumnya dengan teman-teman yang tidak merokok. Jadi bebas asap rokok lah," sambung Oga.

Asma adalah kondisi pernapasan kronis yang menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran udara. Biasanya kondisi ini menimbulkan gejala seperti, mengi, sulit bernapas, batuk dan sesak di dada.

Sebenarnya, ada banyak bumbu dapur yang bisa mengobati dan mencegah asma kumat, salah satunya bawang putih. Bawang putih memiliki senyawa alami yang dapat membantu mengobati asma dan gejala penyakit pernapasan lainnya.

Ahmad Dhani saat jalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Surabaya (Suara.com/ Achmad Ali)
Ahmad Dhani saat jalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Surabaya (Suara.com/ Achmad Ali)

 

Melansir dari healwithfood.org, kandungan vitamin C di dalam bawang putih berperan penting dalam melawan asma. Apalagi bawang putih mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada tomat.

Vitamin C ini membantu menetralkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang menyebabkan kontraksi otot polos pada saluran pernapasan penderita asma.

Penelitian juga menunjukan vitamin C dalam bawang putih mentah dapat meningkatkan kerusakan histamin dan mengurangi pelepasan histamin dalam tubuh.

Histamin adalah bahan kimia alami dalam tubuh yang terlibat banyak dalam reaksi alergi dan memicu peradangan pada penderita asma.

Selain itu, bawang putih juga membantu tubuh memproduksi prostacyclin, yakni molekul lipid yang membantu menjaga saluran udara paru-paru tetap terbuka dan memudahkan pernapasan pada individu yang mencerita asma.

Cara mengolah bawang putih sebagai obat asma

Cara termudah menggunakan bawang putih sebagai obat asma dengan membuat susu bawang putih hangat yang merupakan obat alami kuno untuk asma.

Pertama, kita cukup menghancurkan 8 siung bawang putih mentah dan tempatkan dalam panci kecil panas. Tambahkan 1/4 cangkir susu dingin dan didihkan bersama bawang putih.

Setelah mendidih, saring bawang putih yang telah direbus bersama susu dan biarkan susu mendingin. Lalu minumlah susu bawang putih itu selagi hangat untuk mengobati asma.

Terkait

Terkini