Jum'at, 15 November 2019

Penyakit Kankernya Semakin Parah, Sutopo Akan Berobat ke China

Sutopo pun meminta doa masyarakat untuk kesembuhannya.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Sutopo Purwo Nugroho - (Suara.com/Risna Halidi)
Sutopo Purwo Nugroho - (Suara.com/Risna Halidi)

Himedik.com - Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengabarkan dirinya akan pergi berobat ke China karena penyakit kankernya yang semakin parah. Hal ini diungkapnnya melalui unggahan di akun Instagram-nya, @sutopopurwo, Sabtu (16/6/2019)

Sebelum terbang, pria yang kerap selalu menginformasikan kabar terkait bencana alam di Indonesia ini sempat berpamitan pada masyarakat melalui unggahan video di Instagram.

"Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lali," tulis Sutopo dalam unggahannya.

Dalam video yang menunjukkan dirinya sedang berada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, ia mengungkapkan tubuhnya sudah kesakitan.

"Berobat ke luar negeri, karena kondisi di rumah sakit disampaikan sudah menyebar dan rasanya makin menyakitkan," tuturnya.

Ia juga meminta doa agar pengobatan ini bisa menyembuhkan kanker paru-paru stadium 4 yang diidapnya sejak 2 tahun yang lalu ini.

"Saya mohon doa restu pada rekan-rekan, bisa sembuh sakit kanker ini. Agar bisa berkumpul bersama keluarga, dan berkumpul dengan teman-teman," sambungnya.

Sutopo mengatakan ia akan berobat di China selama satu bulan.

"Saya di Guangzhou selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya," lanjutnya.

Sutopo Purwo berobat ke China (Instagram/Sutopo Purwo)
Sutopo Purwo berobat ke China (Instagram/Sutopo Purwo)

Melansir Hellosehat, sekitar 30% kasus kanker paru stadium lanjut akan menyebar ke tulang bagian tulang belakang, tulang panggul serta bagian tangan.

Biasanya jika kanker sudah menyebar ke bagian tersebut akan terasa nyeri dan rasa sakit ini konstan. Hal ini berisiko besar mengalami kelumpuhan.

Di dalam tulang, sel kanker akan merusak jaringan dan mengambil semua kalsium, sehingga tulang menjadi rapuh.

Cara mendeteksi penyebaran kanker ke tulang ini bisa melalui bone scan, PET scan atau MRI scan.

Terkait

Terkini