Selasa, 23 Juli 2019

Tak Hanya Kanker Paru Seperti Sutopo, Kanker Ini Juga Menyebar ke Tulang

Kanker paru-paru yang diderita Sutopo sudah menyebar ke tulang, berikut jenis kanker lain yang juga menyebar di tulang.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Sutopo Purwo Nugroho - (Suara.com/Risna Halidi)
Sutopo Purwo Nugroho - (Suara.com/Risna Halidi)

Himedik.com - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan dirinya akan melanjutkan pengobatan penyakitnya ke Guangzhou, China. Ia terbang ke Negeri Tirai Bambu tersebut pada Sabtu (15/6/2019) kemarin.

Diketahui sejak didiagnosis kanker paru-paru pada Desember 2017 lalu, Sutopo sudah menjalani segala jenis perawatan yang dibutuhkan. Tapi sayangnya, kanker yang sudah stadium 4 ini makin menyebar, bahkan ke bagian tulang.

"Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," tulisnya dalam unggahan video pada hari keberangkatannya.

Sutopo menjelaskan, dirinya akan tinggal selama satu bulan di China.

"Saya di Guangzho selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya," sambungnya.

Kanker paru stadium lanjut umumnya akan menyebar ke beberapa bagian tubuh lain, termasuk tulang.

Melansir Hellosehat, sel kanker akan merusak jaringan tulang dan mengambil semua kalsium di dalamnya. Hal ini akan membuat tulang menjadi rapuh.

Inilah alasannya jika kanker sudah menyebar ke tulang belakang, risiko kelumpuhan cukup besar.

Selain kanker paru-paru, kanker payudara dan prostat umumnya juga menyebar ke tulang. Tetapi, banyak kanker lain yang juga bermetastasis ke tulang, yaitu tiroid, kanker ginjal, melanoma, limfoma, sarkoma, kanker uterus hingga kanker pencernaan.

Berdasarkan Healthline, tulang merupakan organ tubuh ketiga yang paling umum menjadi penyebaran kanker. Sedangkan paru-paru dan hati adalah dua organ yang utama.

Sel-sel kanker dapat bermetastasis hanya ke satu tulang Anda atau ke banyak tulang pada saat yang sama.

Bagian tulang yang paling umum terkena penyebarannya adalah tulang belakang, tulang iga, pinggul, tulang dada hingga tengkorak.

Terkait

Terkini