Selasa, 23 Juli 2019

Organ Tubuh yang Menjadi Penyebaran Kanker Seperti Kondisi Sutopo

Sutopo mengabarkan kanker paru yang diidapnya sudah menyebar ke organ lain. Organ apa saja yang biasanya terkena penyebaran kanker?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Himedik.com - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak Desember 2017 lalu.

Bahkan kanker yang dideritanya ini sudah di titik stadium 4B.

Selama dua tahun melakukan berbagai macam pengobatan, sayangnya penyakitnya perlahan makin memburuk.

Melalui unggahan di Instagram pada Sabtu (15/6/2019), Sutopo mengaku kanker yang diidapnya sudah menyebar ke organ lain, terutama tulang. Sebab itu, Sutopo kembali mencoba pengobatan lain dengan terbang ke Guangzhou, China.

"Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," tulisnya.

Sutopo menambahkan, dirinya akan berada di Negeri Tirai Bambu itu selama satu bulan.

"Saya di Guangzhou selama 1 bulan. Maaf jik tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya," lanjutnya.

Ketika kanker sudah menyebar ke tulang disebut dengan metastasis tulang. Jika sudah seperti ini umumnya kanker telah berkembang ke stadium lanjut, dilansir dari Healthline.

Metastasis merujuk pada penyebaran sel kanker dari lokasi utama mereka (organ tempat kanker dimulai) ke daerah lain dari tubuh.

Sel-sel kanker dapat menyebar melalui aliran darah atau pembuluh limfatik. Berdasarkan verywellhealth, ini terjadi karena bahan kimia yang biasanya menjaga sel-sel di mana mereka berada dalam tubuh tidak ada.

Kanker dapat bermetastasis ke hampir semua bagian tubuh, tetapi beberapa organ yang lebih umum adalah tulang, paru-paru, hati, dan otak.

Untuk lebih jelasnya, berikut organ yang umumnya menjadi tempat penyebaran kanker.

1. Organ metastasis yang paling umum secara keseluruhan adalah tulang, hati dan paru-paru.

2. Organ yang paling umum pada kanker payudara untuk bermetastasis adalah tulang, otak, hati dan paru-paru.

3. Organ yang paling umum untuk penyebaran kanker paru-paru adalah kelenjar adrenal, tulang, otak, hati, dan tempat lain di paru-paru.

4. Bagian yang paling umum pada kanker usus besar untuk bermetastasis adalah hati, paru-paru, dan peritoneum (selaput yang melapisi rongga perut).

5. Organ tubuh jauh yang paling umum di mana kanker prostat menyebar adalah kelenjar adrenal, tulang, hati, dan paru-paru.

Terkait

Terkini