Senin, 16 September 2019

Sempat Ngeluh Suara Sering Serak, Ternyata Raffi Ahmad Punya Penyakit Ini!

Raffi Ahmad akhirnya mengaku menderita suatu penyakit sejak lama yang membuat ada benjolan di sekitar pita suaranya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)
Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)

Himedik.com - Raffi Ahmad akhirnya buka suara terkait kondisi kesehatannya setelah beberapa hari lalu mengeluhkan suaranya serak dan sering habis karena benjolan di sekitar area lehernya.

Suami Nagita Slavina ini mengaku benjolan itulah yang membuat suaranya sering serak dan sekarang lebih sering menghilang.

Raffi Ahmad pun merasakan hal tersebut sepulang dari liburan panjang. Saat itu suara Raffi Ahmad mendadak hilang di hari pertama kerjanya.

"Pas hari pertama aku kerja, 5 produksi itu pagi siang sore malam dan hari itu juga suaraku balik lagi. Jadi kemarin sempat drop dan kepikiran," kata Raffi Ahmad dalam Youtube Rans Entertainment.

Suami Nagita Slavina ini mengaku kondisi suaranya yang mulai menurun akibat kesalahannya sendiri sering memaksakan diri bekerja sebagai host tanpa kenal waktu.

Tetapi, Raffi Ahmad juga belum pernah memeriksakan kondisi benjolannya tersebut kepada dokter ahli secara detail. Sehingga ia belum bisa menjelaskan diagnosis penyakitnya sekarang ini.

Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar. [Instagram]
Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar. [Instagram]

 

"Sempat aku forsir, kalau udah sore itu suka bengkak. Bukan benjolan, jadi bengkak karena dipaksa ngomong," katanya.

Nagita Slavina hanya menjelaskan hal itu terjadi karena Raffi Ahmad sudah terlalu lama radang pita suara dan sering diabaikan.

"Karena radang (pita suara) tapi udah terlalu lama, itu radang tapi udah terlalu lama. Jadi bukan benjolan di leher, tapi di pita suara," jelas Nagita Slavina.

Raffi Ahmad pun membenarkan hal tersebut, radang pita suara yang sudah terlalu lama itulah yang membuatnya memiliki benjolan di sekitar pita suara.

Apalagi Raffi Ahmad sering memaksakan kondisinya saat menbawakan acara dengan sedikit berteriak. Padahal hal itulah yang membuat radang pita suaranya tak pernah sembuh dan makin parah seperti sekarang.

Ilustrasi radang pita suara (Shutterstock)
Ilustrasi radang pita suara (Shutterstock)

 

"Ibaratnya tuh gini kayak orang sering luka terus ada keloidnya di pita suara. Jadi orang kayak orang jatuh, luka tapi dibiarin dan dipaksa. Lukanya kan jadi nggak kering-kering, terus tambah bengkak, tambah bengkak sampai seperti itu (benjolan)," jelas Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad juga mengatakan tubuhnya sering panas ketika suaranya mulai menghilang dan penyakitnya kumat, terutama di sore hari.

Melansir dari hellosehat.com, radang pita suara yang berlangsung lama atau lebih dari 3 minggu sejak gejala awal ditemukan bisa menyebabkan penyakit laringitis kronis.

Umumnya, gejala laringitis yang paling mudah dideteksi adalah pembengkakan di area pita suara. Selain itu, penderita juga akan mengalami perubahan suara seperti serak dan menurun.

Terkait

Terkini