Pria

Benjolan Laring Raffi Ahmad Bisa Parah Jika Asam Lambung Naik, Kok Bisa?

Raffi Ahmad diminta kontrol makanan agar tak asam lambung, ternyata kondisi ini bisa memperparah benjolan pita suara.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)
Raffi Ahmad ngeluh suaranya serak dan hilang (Ismail/Suara.com)

Himedik.com - Setelah mengeluh ada benjolan di pita suara yang menyebabkan suara serak, Raffi Ahmad akhirnya memeriksakan diri ke dokter. Suami Nagita Slavina ini pun diminta harus menjalani banyak pantangan yang bisa memperburuk kondisinya.

Sebelumnya, Raffi Ahmad mengeluhkan suaranya sering serak dan mendadak hilang atau menurun akibat benjolan di pita suaranya.

Suara yang serak dan sering menurun tentu mengganggu pekerjaan Raffi Ahmad yang berperan sebagai host.

Karena itu, dokter pun menyarankan Raffi Ahmad istirahat dan menghindari beberapa makanan sebelum operasi benjolan di pita suaranya.

Pantangan makan tersebut guna mengurangi asam lambung yang bisa memperburuk kondisi benjolan di pita suaranya.

"Kalau pun mau dioperasi. Selain irit bicara, kontrol pola makannya. Ada beberapa pantangan yang nggak boleh dimakan buat mengurangi terjadinya refluks dari asam lambung biar tidak memengaruhi benjolannya tadi," kata dokter yang menangani Raffi Ahmad dikutip dari Youtube Rans Entertainment.

Perlu Anda ketahui asam lambung tidak hanya menyebabkan gangguan pencernaan, rasa asam di mulut maupun kesulitan menelan. Refluks asam lambung juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan suaranya.

Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar. [Instagram]
Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar. [Instagram]

Melansir dari Charlotte Eye Ear Nose & Throat Associates kondisi ini disebut refluks laringitis, yakni asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mengiritasi laring.

Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan kronis pada lipatan vokal dan suara serak. Biasanya refluks asam terjadi ketika isi lambung dan asam naik ke kerongkongan dan tenggorokan.

Refluks lambung terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah yang biasanya bertindak sebagai katup guna mencegah asam lambung naik itu kendor atau tidak berfungsi.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh makanan tertentu seperti pedas dan kecut jeruk. Bahkan makan berlebihan juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Guna mencegah kondisi ini semakin buruk, Anda perlu minum air putih yang banyak untuk mencegah suara serak dan sakit tenggorokan.

Selain itu, makanlah dengan porsi kecil lebih sering sepanjang hari. Tapi, berhenti rokok dan letakan posisi kepala lebih tinggi saat tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini