Minggu, 20 Oktober 2019

Agung Hercules Meninggal karena Glioblastoma, Waspadai Gejala Penyakitnya!

Gejala dari glioblastoma dibagi menjadi 2 jenis, yaitu umum dan khusus.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Agung Hercules (Instagram @agunghercules88)
Agung Hercules (Instagram @agunghercules88)

Himedik.com - Komedian Agung Hercules dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (1/8/2019) ini.  Kabar meninggalnya pria 42 tahun itu pertama kali diumumkan oleh komika sekaligus sutradara Ernest Prakasa melalui Instagram Story-nya.

"R.I.P Agung Hercules," tulis Ernest beserta icon sedih.

Manager Agung Hercules, Peter, pun membenarkan hal ini saat dihubungi Suara.com.

"Iya benar (Agung Hercules meninggal). Ini kami lagi menuju ke sana (rumah sakit)," kata Peter melalui sambungan telepon.

Selama satu tahun ini, Agung Hercules diketahui sedang berjuang melawan kanker otak yang diidapnya, yaitu glioblastoma.

Ernest Prakasa menyampaikan kabar Agung Hercules meninggal dunia. [Instagram]
Ernest Prakasa menyampaikan kabar Agung Hercules meninggal dunia. [Instagram]

Sebagai pengingat, glioblastoma merupakan tumor otak stadium IV yang agresif dan ganas. Tumor ini berasal dari sel glial pada otak, melansir Rare Disease.

Saat berkembang, tumor otak ini akan menunjukkan beberapa gejala. Dan gejala ini pun terbagi menjadi dua, yaitu umum dan fokus.

Gejala umum akan terjadi pada banyak jenis tumor otak, seperti sakit kepala, kejang, muat atau muntah, kehilangan memori dan penurunan fungsi normal.

Sedangkan gejala fokus tergantung pada lokasi dan ukuran tumor karena hal ini saling memengaruhi. Misalnya, jika tumor berada di bagian otak yang diperlukan untuk pemprosesan bahasa, pasien mungkin memiliki lebih banyak masalah berbicara atau memahami pembicaraan.

Selain memiliki kesulitan bahasa, gejala fokus lainnya termasuk kejang, kelemahan otot, kehilangan sensorik, dan perubahan visual.

Tumor juga dapat menyebabkan otak membengkak karena jumlah ruang yang mereka ambil. Karena mereka tumbuh, mereka dapat mendorong bagian otak yang dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan muntah.

Glioblastoma adalah tumor agresif yang menyebar cepat yang memengaruhi jaringan otak di sekitarnya.

Terkait

Terkini