Sabtu, 07 Desember 2019

BJ Habibie Meninggal Dunia karena Gagal Jantung, Ketahui Gejala Awalnya!

Gejala awal gagal jantung, penyakit yang menyebabkan BJ Habibie meninggal dunia.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
BJ Habibie meninggal dunia (Instagram/@filsafathidup)
BJ Habibie meninggal dunia (Instagram/@filsafathidup)

Himedik.com - Presiden RI ketiga, Bachruddin Jusuf Habibie meninggal dunia di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (11/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia akibat gagal jantung yang tengah menjadi perhatian publik.

Menurut keterangan anaknya, Tareq Kemal Habibie, kondisi jantung BJ Habibie memang semakin melemah seiring bertambahnya usia.

"Setelah menua, jantungnya sangat lemah. Dengan aktivitas yang tinggi, tidak dikasih waktu istirahat, badannya memberontak," ujar putra kedua BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Melansir dari Mayo Clinic, gagal jantung juga dikenal sebagai gagal jantung kongesif. Kondisi ini terjadi ketika otot jantung tidak memompa darah sebagaimana mestinya.

Dalam kondisi tertentu, seperti arteri yang menyempit di jantung atau tekanan darah tinggi, secara bertahap membuat jantung melemah untuk memompa.

Adapun tanda-tanda seseorang mengalami gagal jantung seperti yang dilansir dari Heart.

Mendiang BJ Habibie (instagram @b.jhabibie)
Mendiang BJ Habibie (instagram @b.jhabibie)

 

1. Sesak napas

Seseorang dengan gagal jantung akan lebih sering mengalami kesulitan bernapas saat berbaring. Sehingga penderita perlu menopang bagian tubuh atas dengan bantal. Selain itu, orang juga akan merasa cemas dan gelisah ketika bangun tidur.

2. Batuk berkelanjutan

Batuk terus-menerus disertai lendir berwarna putih atau merah muda juga termasuk gejala gagal jantung.

3. Penumpukan cairan berlebih di edema

Pembengkakan di kaki, pergelangan kaki atau perut yang disertai kenaikan berat badan juga termasuk gejala gagal jantung.

4. Kelelahan

Penderita gagal jantung biasanya akan merasa kelelahan sepanjang waktu hingga kesulitan untuk beraktivitas sehari-hari. Bahkan pergi berbelanja, naik tangga atau membawa barang belanjaan sudah membuat mereka lelah.

5. Kurang nafsu makan

Gagal jantung juga bisa ditandai dengan perasaan mudah kenyang atau sakit perut sehingga nafsu makan penderita menurun.

6. Peningkatan denyut jantung

Gejala gagal jantung yang paling jelas adalah denyut jantung yang berdebar kencang. Hal ini akan dirasakan jelas oleh penderita.

Terkait

Terkini