cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 26 September 2020

Jangan Tiru Kebiasaan Baekhyun EXO, Begini Kondisi Tubuh jika Kurang Air!

Kebiasaan tidak minum air selama berhari-hari seperti Baekhyun EXO ternyata memberikan efek samping berbahaya pada tubuh.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Baekhyun EXO (Instagram/@baekhyunee_exo)
Baekhyun EXO (Instagram/@baekhyunee_exo)

Himedik.com - Baekhyun EXO baru-baru ini menceritakan caranya menjaga penampilan saat tampil di atas panggung. Ternyata salah satunya, dia mengaku selalu tidak minum air selama 3 hari menjelang konser.

Baekhyun mengungkapkan kebiasaannya itu ketika menjadi bintang tamu acara Bad-Tempered 5 Brothers di JTBC. Hal tersebut dilakukan demi menjaga postur tubuhnya menjelang konser.

"Aku sebenarnya tidak kesulitan menahan rasa haus. Ketika aku bersiap-siap untuk konser EXO, aku tidak minum air selama 3 hari untuk menjaga bentuk tubuhku," kata dia, dikutip dari Koreaboo.

Jika Anda mempunyai kebiasaan yang sama seperti Baekhyun EXO, maka Anda mesti mengubahnya mulai sekarang. Menahan diri tidak minum air demi menjaga postur tubuh bukan pilihan terbaik.

Melansir dari Eat This, tubuh Anda bisa saja dehidrasi karena kekurangan cairan hingga mengalami kerusakan ginjal. Selain itu, ada sejumlah efek samping yang ditimbulkan jika Anda tidak minum air.

1. Berat badan bertambah

Jika alasan Anda tidak minum air demi menjaga postur tubuh, itu salah besar. Faktanya, kekurangan cairan dapat menyebabkan kenaikan berat badan Anda.

Baekhyun EXO. (Instagram/@weareone.exo)
Baekhyun EXO. (Instagram/@weareone.exo)

2. Kehilangan energi dan fokus

Kurang minum air juga dapat membuat Anda kehilangan energi di siang hari. Selain itu, Anda bakal kesulitan berkonsentrasi yang akhirnya berdampak pada penurunan daya ingat serta kemampuan.

3. Risiko stroke meningkat

Kekurangan cairan hingga tubuh dehidrasi bakal membuat Anda lebih berisiko terserang stroke dan susah sembuh. Hal itu karena cairan bisa membantu tubuh menghancurkan lemak jahat dalam tubuh.

Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)

4. Masalah jantung

Saat Anda tidak minum cukup air, jantung akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan aliran darah. Jika Anda mengalami dehidrasi parah, jantung Anda tidak akan mampu melakukan tugasnya untuk memompa darah ke otak.

5. Merusak penampilan kulit

Air membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Saat Anda tidak minum cukup air, kolagen akan mulai pecah lalu menyebabkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Terkait

Terkini