cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Oddie Agam Serangan Stroke Ringan, Coba Lakukan 4 Latihan Fisik ini!

Penyanyi senior Oddie Agam sedang menderita stroke ringan di usia 60 tahun dan masih dalam tahap pemulihan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Oddie Agam dan mantan istrinya Chintami (Instagram/@chintamiatmanagara)
Oddie Agam dan mantan istrinya Chintami (Instagram/@chintamiatmanagara)

Himedik.com - Penyanyi senior Oddie Agam (66) kini tengah dikabarkan terserang stroke ringan. Saat ini, Oddie Agma pun sedang menjalani masa pemulihan stroke.

Kondisi terbaru Oddie Agam diketahui dari unggahan mantan istrinya, Chintami Atmanagara. Melalui unggahan Instagram, Chintami mengatakan bahwa mantan suaminya sedang dalam tahap penyembuhan stroke.

"@ridhawatyt kena stroke ringan. Alhamdulilah sudah banyak kemajuan berkat kesabaran mbak Alma menjaganya dengan telaten dan kasih support terus menerus," jelas Chintami Atmanagara menjawab pertanyaan seorang warganet.

Stroke termasuk penyakit yang berbahaya jika dibiarkan. Selain pengobatan medis dan mengubah gaya hidup, penderita juga harus melakukan sejumlah latihan fisik untuk meringankan stroke.

Melansir dari Flint Rehab, ada beberapa macam latihan stroke yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Oddie Agam dan Ahma Albar. [Instagram]
Oddie Agam dan Ahma Albar. [Instagram]

1. Latihan kaki

Latihan fisik yang menggunakan kaki bisa membantu kondisi pasien stroke lebih baik, terutama ketika berjalan dan menjaga keseimbangan.

Penderita stroke bisa melakukan latihan fisik sambil duduk lalu merentang kaki secara bergantian. Anda juga bisa menggerakkan kedua kaki layaknya orang baris-berbaris dalam posisi duduk.

2. Latihan kesimbangan

Latihan keseimbangan ini bisa membantu memperkuat stabilitas tubuh dengan posisi telentang. Adapun dua jenis latihan keseimbangan termasuk menarik lutut dan menyilangkan kaki.

Dalam posisi telentang, Anda bisa mengangkat dan menarik lutut hingga dada secara bergantian. Lalu, Anda juga bisa menyilangkan kaki secara bergantian dalam posisi telentang.

Penyakit stroke (Shutterstock)
Penyakit stroke (Shutterstock)

3. Latihan lengan

Latihan lengan untuk pasien stroke bisa membantu mereka beraktivitas secara mandiri, seperti menggunakan pakaian, mandi atau masak. Dalam latihan lengan ini, penderita bisa menggunakan media meja dan botol.

Gunakan kedua tangan untuk menggenggam botol lalu gerakkan memutar meja. Anda juga bisa melakukan gerakan buka tutup tangan dengan posisi lengan ditekuk 90 derajat.

4. Latihan tangan atau jari

Latihan tangan dan jari ini bisa membantu keterampilan motorik halus setelah kondisi penderita stroke mulai pulih. Salah satu caranya adalah dengan belajar menggenggam dan mengangkat botol kecil secara bergantian dari tangan kiri dan kanan.

Terkait

Terkini