Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 11 Juli 2020

Kasus Penusukan Wiranto, Ini Cara Perawatan Luka Tusuk Jangka Panjang!

Wiranto ditusuk oleh orang tak dikenal tepat di bagian perutnya ketika berkunjung di Banten.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Menkopolhukam Wiranto [Suara.com/Arya Manggala]
Menkopolhukam Wiranto [Suara.com/Arya Manggala]

Himedik.com - Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto ditusuk bagian perutnya oleh orang tak dikenal saat berkunjung di Pandeglang, Banten pada Kamis (10/10/2019).

Dalam video yang beredar, tampak Wiranto yang baru keluar dari mobil tiba-tiba ditusuk orang tidak dikenal dari arah samping kiri mobil. Usai kejadian itu, Wiranto langsung dilarikan ke RSUD Berkah Pandeglang untuk mendapatkan pertolongan medis.

Terkait luka tusuk akibat benda tajam yang dialami Wiranto, tentunya membutuhkan pertolongan dan pengobatan khusus. Hal tersebut terutama jika korban mengalami pendarahan karena memiliki luka robek.

Anda mungkin telah mengetahui cara memberikan pertolongan pertama dan pengobatan pada korban luka tusuk. Tetapi, Anda juga perlu mengetahui perawatan jangka panjang untuk luka tusukan.

Melansir dari Advance Tissue, perawatan jangka panjang luka tusuk traumatis cukup bervariasi, terkait lokasi anatomi dan kedalaman penetrasi. Adapun luka tusuk yang umumnya paling serius berada di area punggung, leher, dada dan perut.

Ilustrasi luka tusuk. (Shutterstock)
Ilustrasi luka tusuk. (Shutterstock)

Biasanya luka tusuk di area serius itu akan disarankan melakukan perawatan jangka panjang karena berisiko menyebabkan masalah medis lainnya. Selain itu, penyembuhan luka tusuk di area yang sensitif juga membutuhkan waktu panjang.

Sebelum pasien luka tusuk keluar dari rumah sakit atau penanganan medis apapun. Dokter atau perawat pasti bakal menyarakan perawatan jangka panjang di luar rumah sakit, seperti berikut ini:

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

1. Jaga luka tusuk agar tetap kering dan bersih

2. Rutin ganti perban tanpa menyebabkan cedera atau luka lebih lanjut

3. Rutin membersihkan dan membalut luka

4. Cuci tangan setiap kali sebelum dan sesudah membersihkan luka

5. Konsumsi obat untuk meredakan nyeri pada luka tusuk

Secara umum, biasanya luka tusuk yang dijahit atau ditutup perban cuma membutuhkan waktu 10 hari untuk sembuh. Namun, luka tusuk yang lebih dalam perlu perawatan jangka panjang di luar penanganan medis.

Terkini