Pria

Idap Gagal Ginjal, Pria Ini Alami Gejala Bau Mulut dan Lidah Mati Rasa!

Seorang pria mengalami bau mulut akibat gagal ginjal yang tidak pernah diobati cukup lama.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bau mulut (Pixabay/kreatikar)
Ilustrasi bau mulut (Pixabay/kreatikar)

Himedik.com - Seorang pria 37 tahun asal Jepang merasa kehilangan nafsu makan dan bau mulut. Tak disangka, ternyata itu berkaitan dengan kesehatan ginjalnya. 

Selama ini banyak orang mengira masalah kesehatan ginjal ditandai dengan warna dan bau urine. Namun dalam kasus kali ini, seorang pria justru baru menyadarinya ketika indera pengecapannya tidak berfungsi dan bau mulut.

Dilansir dari Daily Mail, awalnya pria ini telah mengurangi jumlah makannya selama 2 bulan terakhir karena lidahnya terasa sakit. Ia kehilangan fungsi indera pengecapannya dan memiliki masalah bau mulut.

Setelah periksa, dokter menemukan kadar urea nitratnya tinggi. Artinya, itu adalah tanda gagal ginjal yang tidak diobati. Akibatnya, limbah yang tidak disaring oleh ginjal berubah menjadi bakteri alami di mulutnya.

Kondisi ini menyebabkan penumpukan plak di lidahnya hingga menimbulkan bau mulut akibat kondisi ginjal yang langka.

Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]
Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]

Sebelumnya, gejala gagal ginjal seperti yang dialami pria ini memang sangat jarang terjadi. Dokter pun mengetahui ada masalah ginjal ketika melihat plak putih di teli lidahnya yang menonjol.

Saat melihat plak putih itulah, dokter langsung memintanya cek laboratorium yang mengamati kadar natrium, kalium, klorida, kalsium, fosfat, nitrogen dan berbagai bahan kimia lain dalam tubuh.

Hasilnya, ia mempunyai kadar urea nitrogen paling tinggi dan abnormal di dalam darah, yakni suatu kondisi yang disebut uraemia.

Jika kadar nitrogen urea tinggi, itu menandakan bahwa fungsi ginjal atau hati sedang bermasalah. Hal tersebut karena air liur tak dapat memecah kelebihan nitrogen urea yang menciptakan amonia, yakni bahan kimia iritasi di mulut.

Idap Gagal Ginjal, Pria Ini Alami Gejala Bau Mulut dan Lidah Mati Rasa! - 2
Ilustrasi gagal ginjal. (Shutterstock)

Kondisi ini membentuk lesi oral atau plak yang terasa sakit dan berwarna putih. Hal itulah yang kemudian menyebabkan bau mulut yang seperti bau urine.

CT scan pun menunjukkan bahwa kedua ginjal pria itu lebih kecil daripada ukuran umumnya. Hal tersebut berarti ia telah mengalami gagal ginjal dalam jangka panjang.

Sayangnya, dokter tidak bisa memastikan kapan dan penyebab pria itu mengalami gagal ginjal. Namun, paparan polusi, racun, obat-obatan tertentu dan dehidrasi merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

Para dokter lantas mengetahui bahwa pria itu merokok lima batang per hari selama 17 tahun. Kebiasaan merokok itulah yang menurunkan aliran darah ke organ-organ penting seperti ginjal dan dapat memperburuk penyakit ginjal.

Berita Terkait

Berita Terkini