cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Gigi Palsu Nyangkut di Kerongkongan selama 8 jam, Pria Ini Nyaris Meninggal

Gigi palsunya tersangkut di kerongkongan selama 8 jam.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi gigi palsu. (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi gigi palsu. (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Zhu Benbiao nyaris meninggal dunia akibat tersedak gigi palsu ketika makan. Pria 75 tahun itu tak sengaja menelan satu deret gigi palsunya hingga tersangkut di kerongkongan yang menyebabkan kesulitan bernapas.

Awalnya, keluarga melihat Zhu Benbiao kesulitan bernapas saat makan. Mereka lantas segera membawa Zhu ke Rumah Sakit Pertama Fuzhou, Cina untuk mendapat pertolongan medis.

Setelah pemeriksaan, ternyata Zhu diketahui telah menelan salah satu gigi palsunya dan tersangkut di tenggorokan. Petugas medis pun segera menjadwalkan operasi untuk menolong Zhu.

Zhu tak sengaja menelan satu deret gigi palsu miliknya ketika makan bersama keluarga. Beruntungnya, keluarga langsung memperhatikan Zhu yang kesulitan bernapas dan menelan makanan sehingga ia tak terlambat dibawa ke rumah sakit.

"Sebuah inspeksi dengan endoskop mengungkapkan bahwa gigi palsu Zhu tersangkut di samping trakea dan kerongkongannya. Satu ujung berada di kerongkongannya dan ujung lainnya berada di tenggorokannya," kata Chen Zeyu, kepala ahli gastroenterologi, dikutip dari The Sun.

Ilustrasi tenggorokan (Shutterstock)
Ilustrasi tenggorokan (Shutterstock)

Dokter pun melubangi tenggorokan Zhu agar bisa bernapas menggunakan alat bantu pipa. Lalu, mereka melepaskan gigi palsu Zhu dengan menariknya dari glotis.

Dokter Chen mengakui bahwa tindakan operasi untuk menyelamatkan Zhu cukup sulit. Terlebih, gigi palsu tersebut telah tersangkut di tenggorokan Zhu selama 8 jam. Jadi petugas medis harus segera mengeluarkannya karena mengancam nyawa Zhu yang kesulitan bernapas.

Meksi begitu, operasi yang berlangsung selama 4 jam itu akhirnya berjalan lancar dan sukses. Kini, kondisi Zhu berangsur membaik dan masih dalam tahap pemulihan.

Terkait

Terkini