Minggu, 26 Januari 2020

Cecep Reza Sudah Pasang Ring Jantung sebelum Meninggal, Ketahui Prosedurnya

Cecep Reza sempat pasang ring jantung sebelum meninggal yang prosedurnya memberikan manfaat sekaligus risiko.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Cecep Reza meninggal dunia (Instagram)
Cecep Reza meninggal dunia (Instagram)

Himedik.com - Mochamad Syariful Zanna alias Cecep Reza sempat menjalani operasi pasang ring jantung sebelum meninggal dunia. Seperti yang diketahui, Cecep Reza meninggal dunia karena sakit jantung kemarin Selasa (19/11/2019).

"[Cecep sakit jantung], dia habis pasang ring, Rabu lalu," ujar Ade Firman Hakim, sahabat Cecep Reza kepada Suara.com, Selasa (19/11/2019).

Karena itu, Ade juga tak menyangkap Cecep Reza akan meninggal dunia begitu cepat setelah melakukan pemasangan ring jantung.

Seperti yang Anda ketahui, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Pemasangan ring seperti Cecep Reza memang salah satu metode paling umum untuk penderita jantung.

Pasang ring jantung ini bertujuan melebarkan pembuluh darah koroner yang tersumbat. Pembuluh darah yang tersumbat ini disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol di dinding pembuluh yang memungkinkan orang terkena serangan jantung.

Ilustrasi sakit jantung (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung (shutterstock)

Lalu, apakah pemasangan ring di jantung ini memberikan manfaat sekaligus memiliki risiko bagi penderita?

Bagi sejumlah orang, dilansir dari hellosehat.com, pemasangan ring jantung berdampak positif terhadap kualitas hidupnya. Kombinasi angioplasty dan ring jantung bisa menjadi penyelamat, terutama bila dilakukan tepat setelah pasien mengalami serangan jantung.

Sebab, ring jantung akan memperbaiki aliran darah dan mencegah kerusakan lebih parah pada otot jantung. Oleh karenanya, prosedur ini bisa mengurangi nyeri dada (angina) dan sesak napas.

Meski begitu, bukan berarti pemasangan ring tidak menimbulkan risiko bagi penderita jantung. Beberapa orang mungkin saja mengalami reaksi alergi terhadap obat atau bahan lainnya dalam prosedur pemasangan ring.

Kesehatan jantung. (Shutterstock)
Kesehatan jantung. (Shutterstock)

Bahkan, seseorang mungkin saja mengalami komplikasi potensial seperti serangan jantung, gagal ginjal dan stroke, meskipun kasus ini jarang terjadi.

Selain itu, jaringan parut juga bisa terbentuk di dalam ring jantung setelah prosedur pemasangan ring. Jika hal itu terjadi, dokter akan menyarankan tindakan kedua untuk membersihkannya.

Terkait

Terkini