cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 26 September 2020

Ibunda Nunung Derita Kanker Lidah, Ketahui 3 Pengobatannya!

"Hari ini ibu saya masuk rumah sakit karena kanker lidah dan saya harus membiayai rumah sakit," ujar Nunung.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Nunung dan suaminya [Suara.com/Arya Manggala]
Nunung dan suaminya [Suara.com/Arya Manggala]

Himedik.com - Sejak tiga minggu yang lalu, Ibunda pelawak Nunung telah didiagnosis mengderita kanker lidah.  Kondisi ini membuat Nunung meminta keringanan kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam sidang pledoi.

"Alasannya karena saya masih punya tanggung jawab keluarga besar saya. Apalagi hari ini ibu saya masuk rumah sakit karena kanker lidah dan saya harus membiayai rumah sakit," ujar Nunung sambil terisak di hadapan hakim, Rabu (20/11/2019).

Pada Rabu malam, Nunung mengatakan sang ibu menjalani biopsi. "Malam ini biopsi. Kalau operasi sama kemo nggak mungkin karena usianya sudah sepuh, jadi ya yang terbaik aja lah," sambungnya.

Berdasarkan National Organization for Rare Disorders, kanker lidah sangat umum pada lelaki yang usianya sudah di atas 60 tahun. Tetapi kanker ini jarang terjadi pada orang-orang, terutama wanita di bawah 40 tahun.

Komedian Nunung Srimulat atau lengkapnya Tri Retno Prayudati kisahkan kondisi ibunda penyandang kanker lidah [Suara.com/Yuliani].
Komedian Nunung Srimulat atau lengkapnya Tri Retno Prayudati kisahkan kondisi ibunda penyandang kanker lidah [Suara.com/Yuliani].

Untuk pengobatan kanker lidah, menurut Cedars-Sinai.org, dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu pembedahan, kemoterapi, dan terapi radiasi.

1. Operasi

Operasi pengangkatan tumor primer mungkin merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan untuk kanker mulut kecil.

Jika tumornya besar, itu mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening di leher. Ketika ini terjadi, dokter bedah dapat merekomendasikan pengangkatan kelenjar getah bening yang terkena di leher.

2. Terapi radiasi (radioterapi)

Terapi radiasi, termasuk terapi radiasi modulasi intensitas, menghentikan sel-sel kanker dari membelah dan memperlambat pertumbuhan tumor.

Radioterapi juga menghancurkan sel-sel kanker dan dapat mengecilkan atau menghilangkan tumor.

Ibunda Nunung Derita Kanker Lidah, Ketahui 3 Pengobatannya! - 2
Ilustrasi lidah 

Terapi radiasi termodulasi intensitas memungkinkan penggunaan dosis radiasi yang lebih efektif dengan efek samping yang lebih sedikit daripada teknik radioterapi konvensional.

Terapi radiasi melibatkan lima hingga enam minggu perawatan harian.

3. Kemoterapi

Kemoterapi dapat diresepkan untuk berbagai alasan:

Terkait

Terkini