cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Makan Seafood Sisa Semalam, Pria Ini Demam Tinggi dan Nyaris Meninggal

Seorang pria nyaris meninggal dunia karena demam tinggi akibat makan seafood sisa semalam.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi daging kepiting (PIxabay/ShenXin)
Ilustrasi daging kepiting (PIxabay/ShenXin)

Himedik.com - Pria 72 tahun asal Shanghai nyaris meninggal dunia setelah mengonsumsi sisa seafood yang dihangatkan. Makanan sisa itu membuat tubuhnya demam tinggi hingga kritis.

Sebenarnya memanaskan kembali sisa makanan memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang dan ini tidak berbahaya. Tetapi, makanan yang dipanaskan bisa berbahaya jika cara penyimpanannya tidak benar.

Menurut HK On CC dilansir dari World of Buzz, mulanya pria tersebut mengalami diare, demam, pusing dan kebingungan sehingga dilarikan ke rumah sakit.

Dokter mengatakan bahwa dia menderita sepsis yang juga dikenal sebagai infeksi darah. Dokter menemukan bahwa darahnya terinfeksi bakteri jahat.

Kondisi pria tersebut pun sangat berbahaya, karena sepsis bisa menyebabkan kegagalan organ hingga kematian. Setelah ditelusuri penyebabnya, ternyata pria itu mengonsumsi seafood sisa semalam yang dihangatkan lagi esok harinya.

Ilustrasi seafood (shutterstock)
Ilustrasi seafood (shutterstock)

Seafood itulah yang membuatnya terinfeksi bakteri karena sudah tidak segar dan cara penyimpanannya salah. Sebelum mengetahui infeksi bakteri, seorang dokter sempat salah mendiagnosis kondisinya.

Ketika ia menderita sakit perut, diare dan demam 38,6 derajat celcius, dokter hanya memberinya obat demam untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Saat itu ia didiagnosis menderita gastroenteritis akut. Tetapi, gejalanya tidak berkurang meski sudah mengonsumsi obat. Sehingga ia kembali dilarikan ke Rumah Sakit Xinhua di Shanghai.

Ketika tiba di rumah sakit, dokter mengatakan ia sudah dalam kondisi kritis. Lelaki tua itu pun kebingungan ketika mendadak didiagnosa dalam kondisi kritis.

Dokter pun segera memberikan perawatan yang membuat suhu tubuhnya turun ke tingkat normal. Tetapi, dokter masih memeriksa sepsisnya yang disebabkan oleh seafood tidak segar.

Terkait

Terkini