Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 04 Juli 2020

Godfrey Gao Meninggal, Dokter Duga Serangan Jantung akibat Begadang

Godfrey Gao meninggal karena serangan jantung yang dikaitkan dengan kebiasaan begadang dan kelelahan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Godfrey Gao meninggal dunia (Instagram/@godfreygao)
Godfrey Gao meninggal dunia (Instagram/@godfreygao)

Himedik.com - Godfrey Gao, aktor sekaligus model berdarah Taiwan-China meninggal dunia karena serangan jantung mendadak saat syuting kemarin Rabu (27/11/2019) kemarin. Dokter pun mengaitkan penyebab kematiannya dengan kebiasaan begadang dan kelelahan.

Selama proses syuting, Gao mendadak jatuh pingsan dan kehilangan kesadarannya. Orang sekitar langsung memanggil tenaga medis untuk melakukan CPR selama 15 menit.

Setelah itu, detak jantung Gao berhenti total selama 3 menit lalu diresusitasi. Gao pun dinyatakan meninggal dunia walau sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Menurut Oriental Daily, dilansir dari worldofbuzz.com, Gao sempat berkata 'Aku tidak bisa melakukannya' sebelum jatuh tak sadarkan diri dan meninggal dunia.

Ada laporan mengatakan bahwa jantungnya berhenti berdetak tetapi kembali muncul beberapa menit kemudian.Gao sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan medis.

Godfrey Gao (Instagram)
Godfrey Gao (Instagram)

Sayangnya, setelah 3 jam perawatan medis, Gao tak bisa terselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia. Pihak rumah sakit menyatakan aktor 35 tahun itu meninggal serangan jantung mendadak.

Penyebab meninggalnya Gao karena jantung pun cukup mengejutkan. Karena, Gao dikenal sebagai aktor yang selalu menjaga kesehatannya dan rajin olahraga.

Fang Cheng-Chung, ketua Departemen Kedokteran Darurat di Rumah Sakit Universitas Nasional Taiwan pun berspekulasi bahwa serangan jantung mendadak yang dialami oleh Gao karena terlalu banyak pekerjaan dan begadang.

Pihaknya menjelaskan bahwa terlalu banyak bekerja dan begadang menyebabkan stres pada tubuh dan peningkatkan jumlah hormon stres. Kondisi ini dapatmenyebabkan tekanan darah tinggi, vasokonstriksi, dan gangguan irama jantung. 

Godfrey Gao meninggal dunia karena serangan jantung (Instagram/@godfreygao)
Godfrey Gao meninggal dunia karena serangan jantung (Instagram/@godfreygao)

Apalagi kurang tidur selama beberapa minggu atau bulan dapat berujung pada penyakit kardiovaskular akut. Risikonya tetap ada meskipun orang tersebut sering olahraga dan konsumsi makanan seimbang.

Berdasarkan laporan Sohu, mereka menyatakan bahwa orang yang bekerja di bidang media atau pembuatan film punya pekerjaan yang intens dan berat. Mereka yang bekerja dari pagi sampai malam itulah perlu aktivitas fisik seperti lari untuk merilekskan tubuh.

Dokter Fang menyarankan masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka dengan tidak bekerja berjam-jam atau begadang. Dia mengatakan bahwa ini sangat relevan bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit jantung di rumah dan merekomendasikan agar mereka melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Terkait

Terkini