Minggu, 23 Februari 2020

Belajar dari Kasus Reynhard Sinaga, Ini Ciri Minuman Dicampur Obat Bius!

Kasus Reynhard Sinaga yang memerkosa 190 pria di Inggris tengah menjadi perhatian karena aksinya menggunakan obat bius.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Raynhard Sinaga di apartemennya (YouTube/Sky News)
Raynhard Sinaga di apartemennya (YouTube/Sky News)

Himedik.com - Kasus Reynhard Sinaga, mahasiswa S3 asal Indonesia tengah menjadi perhatian dunia. Pria 36 tahun itu terseret kasus pemerkosaan terhadap 190 pria di di Manchester, Inggris

Berdasarkan laporan polisi yang dilansir dari Instinct Magazine, Sinaga selalu mengincar korban pemerkosaannya pada dini hari di luar klub malam. Korban incarannya selalu seorang pria muda.

Saat melakukan aksinya, Sinaga berpura-pura menjadi orang baik yang menawarkan alkohol atau tempat untuk mengisi daya baterai telpon kepada korbannya.

Saat itulah korban perlahan akan tertidur nyenyak karena Sinaga telah mencampurkan obat bius ke dalam alkohol yang ditawarkan. Polisi menyampaikan Sinaga menggunakan obat bius GHB untuk membuat korbannya tertidur.

Sebagian besar pria yang menjadi korban pemerkosaan Sinaga rata-rata seorang pria heteroseksual berkulit putih dan berusia 21 tahun. Catatan kejahatan Sinaga pun mencakup 136 tuduhan pemerkosaan, 8 percobaan pemerkosaan, 134 kekerasan seksual dan 2 serangan penetrasi.

Kasus mahasiswa asal Indonesia yang menjebak korbannya dengan minuman campuran obat bius tentu menjadi kekhawatiran publik. Beberapa mungkin khawatir jika ada orang asing memberi minuman yang dicampur obat bius.

Ilustrasi alkohol dan obat bius. (Shutterstock)
Ilustrasi alkohol dan obat bius. (Shutterstock)

Tak bisa dipungkiri, sebenarnya fenomena ini sudah alam ada tapi sering terabaikan. Seringkali, korban tak pernah menyadari kalau minuman yang dikonsumsinya sudah dicampur obat bius.

Padahal seseorang semestinya bisa mendeteksi minuman tersebut telah dicampur obat bius atau tidak. Melansir dari Hello Sehat, obat bius yang sering dicampurkan ke dalam minuman biasanya tidak berwarna, tidak berbau dan tidak mengubah rasa, seperti GHB.

Berikut ini efeknya jika Anda tak sengaja konsumsi minuman yang sudah dicampur dengan GHB, antara lain:

Jika Anda merasa minuman yang dikonsumsi sudah dicampur obat bius, segera cari tempat yang lebih aman. Lalu komunikasikan kepada pihak klub atau restoran tentang efek minuman Anda.

Penting pula untuk mengabarkan teman dekat atau keluarga agar segera menghampiri Anda. Jangan lupa untuk memberi tahu staf keamanan, menghubungi tenaga medis dan polisi.

Sebaiknya jangan pernah menerima minuman apapun dari orang asing dan jangan pernah meninggalkan minuman Anda tanpa pengawasan orang terdekat yang dipercaya.

Terkait

Terkini