Minggu, 23 Februari 2020

Penyidik Sebut Reynhard Sinaga Psikopat, Seperti Apa Cirinya?

Reynhard Sinaga diduga seorang psikopat dan memiliki gangguan narsistik karena tidak memiliki penyesalan atas kasus pemerkosaan hampir 200 pria di Inggris.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pria psikopat. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi pria psikopat. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Penyidik yang menangani kasus pemerkosaan oleh Reynhard Sinaga menyebut pelaku seorang psikopat. Mereka mengaku baru pertama kali menemukan kasus pemerkosaan hampir 200 pria di Manchester, Inggris.

Seperti yang Anda ketahui, Reynhard melakukan aksinya dengan menggunakan obat bius GHB untuk melumpuhkan korbannya. Ia mencampurkanobat bius tersebut ke dalam minuman alkohol. 

Selain itu, detektif juga memeriksa foto dan video yang dibuat oleh Reynhard Sinaga ketika memerkosa korbannya. Pihak kepolisian menemukan ada 3,29 terabyte video dan foto Reynhard bersama korban pemerkosaannya.

Meski begitu, Hakim Goddard QC mengatakan Reynhard tidak merasa bersalah atas perbuatannya. Ia justru mengaku hal tersebut dilakukan atas dasar suka sama suka.

Inspektur Senior Detektif Inspektur Zed Ali, dari Greater Manchester Police juga mengatakan kalau Reynhard Sinaga memiliki masalah gangguan narsistik dan psikopat.

"Saya tidak pernah menemui kasus seperti ini. Saya percaya dia seorang psikopat sampai dia berusaha meyakinkan bahwa tindakannya tidak salah," ujar Zed Ali dikutip dari manchestereveningshow.co.uk.

Reynhard Sinaga, lelaki Indonesia yang divonis penjara seumur hidup di Inggris karena memperkosa ratusan lelaki di Manchester. [AFP]
Reynhard Sinaga, lelaki Indonesia yang divonis penjara seumur hidup di Inggris karena memperkosa ratusan lelaki di Manchester. [AFP]

Melansir dari hellosehat.com, psikopat adalah gangguan yang membuat seseorang tidak memiliki hati nurani dan empati. Adapun ciri-ciri orang psikopat di sekitarmu yang perlu diwaspadai, antara lain:

1. Memikat semua orang

Orang yang sangat menarik atau memikat semua orang dengan menunjukkan sisi humoris, simpatik dan membuat orang lain tertarik justru bisa jadi merupakan psikopat. Hal itu karena mereka cukup pandai menutupi jati diri yang sebenarnya.

2. Sangat tempramental

Orang dengan kepribadian ini sesungguhnya sangat tempramental. Kemarahannya bisa sangat berlebihan tanpa memandang orang di hadapannya. Jika mereka berumah tangga, mungkin saja melakukan kekerasan fisik maupun mental.

3. Tidak bisa menunjukkan emosi

Orang psikopat cenderung memiliki emosi dangkal. Mereka tidak bisa menunjukkan rasa malu, rasa bersalah atau takut. Ketika berada di situasi menakutkan, mereka juga tidak akan menunjukkan respons apapun dan tidak bisa berempati dengan orang lain.

4. Tidak bertanggun jawab

Orang psikopat biasanya cenderung menyalahkan orang lain atas kesalahannya sendiri. Karena, mereka merasa dirinya lebih superior dibandingkan orang lain. Meskipun mereka mengaku bersalah atau dipojokkan, sikap ini tidak disertai rasa malu atau penyesalan.

Terkait

Terkini