Sabtu, 18 Januari 2020

Pria Ini Nyaris Meninggal karena Popcorn Nyangkut di Gigi

Seorang pria nyaris meninggal dunia karena makan popcorn hingga nyangkut di sela-sela gigi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Popcorn (Pixabay/JillWellington)
Popcorn (Pixabay/JillWellington)

Himedik.com - Popcorn yang seharusnya aman dikonsumsi justru hampir mengambil nyawa seorang pria 41 tahun asal Inggris. Adam Martin, pria 41 tahun itu nyaris meninggal dunia karena mengalami infeksi di mulutnya setelah mengonsumsi popcorn.

Kejadian awal, Adam Martin dan istrinya tengah pergi ke bioskop. Mereka pun membeli popcorn dan memakannya selama menonton film. Setelah itu, Adam tidak menyadari ada sepotong popcorn menyangkut di gigi belakangnya.

Ia pun tidak bisa mengeluarkan popcorn tersebut selama 3 hari. Akhirnya, Adam mencoba mengeluarkan popcorn yang tersangkut menggunakan tusuk gigi, tutup pena, sepotong kawat hingga paku logam.

Tetapi, semua cara dan benda yang digunakan Adam Martin tidak berhasil mengeluarkan popcornnya. Benda-benda tajam itu justru merusak dan melukai area sekitar giginya.

Seminggu kemudian, Adam Martin mulai merasa tidak sehat. Ia sering berkeringat di malam hari, sakit kepala dan kelelahan yang disangka hanya gejala flu biasa.

Namun, kondisinya tak kunjung pulih meski sudah sebulan. Akhirnya, Adam pergi ke dokter dan didiagnosis menderita sakit jantung ringan. Meski begitu, dokter mengizinkan Adam Martin kembali pulang ke rumah dengan obat-obatan.

Ilustrasi popcorn. (Pixabay/Stevepb)
Ilustrasi popcorn. (Pixabay/Stevepb)

Sayangnya, resep dokter tetap tidak membuat kondisi Adam Martin semakin membaik. Adam terus merasa tidak sehat sampai memutuskan pergi ke Rumah Sakit Royal Cornwall.

"Saya merasa ada yang salah. Biasanya saya tidur sangat nyenyak dan ini saya merasa tidak enak. Kaki saya sakit dan saya merasa tidak enak sama sekali. Sampai akhirnya saya dirawat di rumah sakit dan menjalani tes medis," ujar Adam Martin dikutip dari World of Buzz.

Hasil tes medis Adam pun menunjukkan bahwa fungsi jantungnya telah rusak akibat infeksi. Artinya, gejala-gejala yang dirasakan oleh Adam Martin sebelumnya merupakan tanda-tanda endokarditis, yakni infeksi pada lapisan permukaan interior bilik jantung.

Infeksi yang dialami oleh Adam ini terjadi ketika bakteri dari mulut, kulit, usus dan daerah lain dari tubuh masuk ke dalam darah. Akibatnya, Adam Martin harus menjalani operasi jantung terbuka selama 7 jam untuk memperbaiki katup mitralnya dan mengganti katup aortiknya.

"Hati saya tidak berfungsi dengan baik lagi karena hancur. Infeksi ini telah memakan atau merusak katup," ujarnya.

ilustrasi operasi gigi [shutterstock]
ilustrasi operasi gigi [shutterstock]

Adam Martin pun merasa menyesal karena tidak pergi ke dokter gigi ketika pertama kali kesusahan mengeluarkan popcorn yang tersangkut di giginya. Ia merasa hal buruk ini mungkin saja tidak terjadi jika ditangani oleh dokter gigi.

Beruntungnya, dokter bisa menangani kondisi Adam Martin yang sudah di ambang kematian. Begitu pula Adam Martin yang merasa bersyukur nyawanya terselamatkan.

"Ini adalah pengalaman terburukku. Aku sangat beruntung, semua ini terjadi hanya karena sepotong popcorn menyangkut di gigi. Saya tidak akan pernah makan popcorn lagi," ujarnya.

Sementara itu, istri Adam Martin mengatakan bahwa infeksi suaminya bisa dengan mudah diobati dengan antibiotik jika penularannya lebih cepat. Ia juga menjelaskan bahwa mulut, seperti sakit gigi, gusi berdarah dan abses adalah semua permasalahan mulut yang bisa berdampak pada jantung.

Terkait

Terkini