Senin, 24 Februari 2020

Ekki Soekarno Punya Riwayat Bronkitis, Ini Hubungannya dengan Infeksi Paru

Sebelum dirawat karena infeksi paru, ternyata Ekki Soekarno pernah menderita bronkitis yang memiliki keterkaitan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ekki Soekarno menderita infeksi paru (Instagram/@sorayahaque)
Ekki Soekarno menderita infeksi paru (Instagram/@sorayahaque)

Himedik.com - Ekki Soekarno, suami Soraya Haque kini tengah menderita infeksi paru-paru dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Tangerang Selatan.

Musisi Gilang Ramadhan, adik ipar Ekki Soekarno mengatakan bahwa kakak iparnya sedang menderita infeksi paru-paru dan kondisi jantungnya kurang baik.

"Ada infeksi paru-paru, kurang baik juga jantungnya. Bukan sakit jantung ya, jangan salah," kata Gilang Ramadhan, Sabtu (18/1/2020).

Gilang juga bercerita sebelumnya Ekki Soekarno memiliki riwayat penyakit bronkitis. Menurutnya, kondisi kesehatan Gilang yang kurang baik akibat gaya hidupnya yang masih merokok dan lainnya.

"Memang kakak saya dari pola hidupnya mungkin kurang baik. Maklum dia kan pemikirannya masih layaknya musisi. Masih merasa muda, padahal sudah 58 tahun. Makannya mungkin nggak teratur, olahraga nggak pernah, mungkin hal-hal kayak gitu," ujar Gilang.

"Dari situ pindah ke hal lain, mungkin karena pola hidup, masih merokok," sambungnya.

Ekki Soekarno muda [Instagram]
Ekki Soekarno muda [Instagram]

Ternyata penyakit bronkitis seperti yang diderita Ekki Soekarno bisa berkaitan dengan infeksi paru-parunya atau pneumonia. Dilansir oleh Healthline, bronkitis bisa menyebabkan pneumonia jika penderita tidak mencari pengobatan.

Bronkitis adalah infeksi saluran udara yang mengarah ke paru-paru Anda. Sedangkan, pneumonia adalah infeksi di dalam satu atau kedua paru-paru.

Jika bronkitis dibiarkan tidak diobati, infeksi dapat menyebar dari saluran udara ke paru-paru, yang menyebabkan infeksi paru-paru atau pneumonia.

Virus yang paling umum menyebabkan bronkitis, yakni virus yang sama dengan flu biasa. Bronkitis virus atau bakteri yang tidak diobati dapat berubah menjadi pneumonia virus atau bakteri.

Jika Anda menderita bronkitis, cara terbaik untuk mencegah pneumonia adalah dengan merawatnya sebelum parah. Selain itu, mengenali gejala-gejala awal bronkitis juga bisa membantu perawatan lebih cepat.

Adapun gejala awal bronkitis yang paling umum yakni mirip flu atau pilek. Kemudian Anda akan mengalami batuk kering yang lebih sering setelah beberapa hari.

Umumnya, bronkitis bakteri lebih sering menyebabkan penumonia daripada bronkitis virus. Karena, bakteri lebih mudah berkembang biak dan menyebar.

Orang yang menderita bronkitis lebih berisiko mengalami pneumonia karena sistem kekebalan tubuhnya yang melemah.

Terkait

Terkini