cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Waspada, Nyeri pada Testis Bisa Menjadi Gejala Covid-19

Para peneliti Harvard Medical School secara mengejutkan menemukan nyeri pada testis sebagai gejala infeksi virus corona.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi testis. (Pixabay)
Ilustrasi testis. (Pixabay)

Himedik.com - Para peneliti Harvard Medical School memperkirakan nyeri pada testis bisa jadi gejala infeksi virus corona. Tim peneliti tersebut melaporkan bahwa pria berusia 42 tahun di Inggris dikonfirmasi positif corona setelah mengeluh alami rasa sakit yang menusuk pada testisnya.

Melansir dari Express.uk, dokter yang melakukan scan tidak menemukan kesalahan pada testis pria tersebut. Namun, CT scan menunjukkan adanya kerusakan pada paru-paru.

Dua hari setelah diperiksa, pria tersebut akhirnya didiagnosisis telah terinfeksi virus corona.

Sayangnya, karena gejala yang tidak lazim pada pria tersebut, beberapa pasien dan dokter lainnya mungkin secara tidak sengaja terpapar virus corona.

Ilustrasi pria sakit. (Unsplash/christopher lemercier)
Ilustrasi pria sakit. (Unsplash/christopher lemercier)

Meskipun masih belum jelas apakah nyeri testis dikaitkan dengan virus penyebab Covid-19, virus lain memang diketahui bisa memengaruhi testis.

"Ada virus tertentu yang dapat memengaruhi testis, seperti gondong," kata Dr. Viney, seorang ahli bedah di Birmingham pada Mailonline.

"Hanya waktu yang akan mengatakan apakah Covid-19 juga memengaruhi testis, tetapi itu bukan gejala yang sering dikeluhkan oleh banyak pasien," tambahnya.

Dokter Virley menegaskan, gejala testikel memang masih jarang ditemukan.

"Selain gejala peringatan ini, ada sejumlah gejala peringatan lainnya. Kehilangan indra pengecap dan penciuman, ruam kulit, kelelahan, kurang nafsu makan, sakit, mata merah, linglung, dan lain sebagainya," imbuh dokter virley.

Sementara itu, gejala umum dari virus corona juga termasuk demam, batuk kering secara terus-menerus, dan sesak napas.

Meskipun gejalanya belum dikonfirmasi secara lebih dalam, namun jika Anda mengalami nyeri pada testis, maka penting untuk lebih waspada. Cobalah untuk mulai lakukan tindakan isolasi diri.

Terkait

Terkini