Pria

Suami Rachel Vennya Idap Generalized Anxiety Disorder, Begini Gejalanya!

Suami Rachel Vennya, Niko mengidap generalized anxiety disorder, yakni gangguan kecemasan umum yang rentan menyerang orang dewasa.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Rachel Venya bersama suami dan anak-anaknya ( Instagram/@rachelvennya)
Rachel Venya bersama suami dan anak-anaknya ( Instagram/@rachelvennya)

Himedik.com - Selebgram Rachel Vennya dan suaminya akhirnya buka suara mengenai masalah kesehatan mental mereka. Rachel Vennya sendiri mengaku memiliki bipolar disorder.

Sedangkan suaminya, Niko, telah didiagnosis memiliki generalized anxiety disorder atau psikosomatis. Mereka pun akan berusaha menceritakan kesehatan mentalnya melalui channel YouTube.

"Untuk pertama kalinya aku & Niko akan membahas hal yang udah kita lalui sejak bertahun-tahun, mungkin pada tahu juga kalau aku sempat bikin instalasi Raven Is Odd yang konsepnya tentang kesehatan mental, ya karena aku didiagnosis bipolar disorder & Niko didiagnosis generalized anxiety disorder (psikosomatis)," kata Rachel Vennya di Instagram.

Perlu Anda ketahui, generalized anxiety disorder (GAD) adalah kondisi kronis dari kecemasan dan ketegangan parah yang seringkali terjadi tanpa provokasi.

Dilansir oleh Psychology Today, orang yang memiliki GAD seringkali mengkhawatirkan kesehatan, uang, keluarga atau pekerjaan secara berlebihan.

Rachel Venya dan suaminya memiliki masalah kesehatan mental (Instagram/@rachelvennya)
Rachel Venya dan suaminya memiliki masalah kesehatan mental (Instagram/@rachelvennya)

Orang dengan GAD tidak bisa menghilangkan kekhawatirannya, meskipun mereka menyadari bahwa kecemasannya tidak beralasan. Orang dengan GAD mungkin juga tidak bisa rileks dan sering mengalami kesulitan tidur.

Biasanya, kekhawatiran mereka disertai dengan gejala fisik seperti gemetar, berkedut, ketegangan otot, sakit kepala, mudah marah, berkeringat, merasa pusing dan kehabisan napas.

Mereka juga cenderung merasa lelah, kesulitan berkonsentrasi dan depresi. Mereka juga mungkin sering merasa mual, pergi ke kamar mandi atau merasa ada benjolan di tenggorokannya.

Wanita dua kali lebih mungkin menderita GAD daripada pria. Gangguan bisa terjadi pada siklus hidup kapan saja, tetapi biasanya berkembang antara masa kanak-kanak dan usia pertengahan.

Adapun gejala umum GAD yang dilansir oleh NHS, antara lain:

1. Merasa gelisah dan khawatir
2. Kesulitan berkonsentrasi atau tidur
3. Pusing atau jantung berdebar

Tapi, gejala umum generalized anxiety disorder ini bisa berbeda-beda antara penderita.

Berita Terkait

Berita Terkini