Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 06 Juli 2020

Kenali Penyakit Kanker Tulang, Penyebab Musisi Little Richard Meninggal

Kanker tulang terjadi ketika sel-sel yang tidak biasa tumbuh di luar kendali tulang Anda.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Little Richard. (YouTube/Rock n Roll Hall of Fame)
Little Richard. (YouTube/Rock n Roll Hall of Fame)

Himedik.com - Dunia kembali kehilangan salah satu musisi legendaris. Pioner musik rock n roll asal Amerika Serikat, Little Richard, meninggal dunia pada Sabtu (09/05/2020).

Musikus bernama asli Richard Wayne Penniman ini diklaim sebagai "arsitek rock n roll". Dalam karya-karyanyam ia membangun suara dengan campuran genre boogie-woogie, R&B dan gospel. Penampilannya yang paling ikonik bisa dijumpai lewat lagu Tutti Frutti dan Long Tall Sally.

Ia menjadi salah satu tokoh berpengaruh dalam musik dan budaya populer dalam tujuh dekade lamanya. Musisi-musisi terkenal seperti Mick Jagger, Paul McCartey hingga David Bowie pun melihat Little Richard sebagai pengaruh terbesar dalam bermusik.

Sayangnya, mengutip dari Reuters, Little Richard meninggal di usia 87 tahun setelah berperang melawan penyakit kanker tulang.

Ucapan duka meninggalnya Little Richard. [Twitter]
Ucapan duka meninggalnya Little Richard. [Twitter]

Dilansir dari Web MD, kanker tulang terjadi ketika sel-sel yang tidak biasa tumbuh di luar kendali tulang Anda. Ini menghancurkan jaringan tulang normal. Ini mungkin mulai di tulang Anda atau menyebar di sana dari bagian lain dari tubuh Anda (disebut metastasis).

Kanker tulang jarang terjadi. Sebagian besar tumor tulang adalah jinak, yang berarti mereka bukan kanker dan tidak menyebar ke area lain dari tubuh Anda.

Tetapi tumor tersebut mungkin masih melemahkan tulang Anda dan menyebabkan patah tulang atau masalah lainnya. Ada beberapa jenis tumor tulang jinak yang umum, yakni:

Kenali Penyakit Kanker Tulang, Penyebab Musisi Little Richard Meninggal - 2

1. Osteochondroma adalah yang paling umum. Ini sering terjadi pada orang di bawah usia 20 tahun.

2. Tumor sel raksasa biasanya di kaki Anda. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini juga bisa bersifat kanker.

3. Osteoid osteoma sering terjadi pada tulang panjang, biasanya di awal usia 20-an.

4. Osteoblastoma adalah tumor langka yang tumbuh di tulang belakang dan tulang panjang, sebagian besar pada orang dewasa muda.

5. Enchondroma biasanya muncul di tulang tangan dan kaki Anda . Seringkali tidak memiliki gejala. Ini adalah jenis tumor tangan yang paling umum.

Sedangkan tanda dan gejala kanker tulang sendiri meliputi sakit tulang, pembengkakan dan kelembutan dekat daerah yang terinfeksi, tulang yang melemah dan menyebabkan patah tulang, kelelahan, serta penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

Terkait

Terkini