cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Tak Hanya Vagina, Penis Juga Bisa Mengalami Infeksi Jamur

Sekitar 75 persen perempuan mengalami infeksi jamur vagina setidaknya sekali seumur hidup, laki-laki pun juga bisa mengalami hal yang serupa pada penis mereka.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi penis. (Shutterstock)
Ilustrasi penis. (Shutterstock)

Himedik.com - Seperti halnya vagina, penis juga memiliki kemungkinan alami infeksi jamur.  Hal ini yang menimbulkan berbagai kenyamanan di penis yang membuatnya terasa gatal, kemerahan, bahkan bengkak. 

Melansir dari Insider, infeksi jamur terjadi ketika jamur candida tumbuh berlebih. Jamur ini biasanya hidup dalam jumlah kecil di kulit dan terus dikendalikan oleh bakteri baik yang membantu mengatur tingkat pH kulit. Namun, dalam lingkungan yang hangat dan lembab seperti alat kelamin, jamur candida dapat tumbuh dan menyebar.

Pertumbuhan berlebih dari jamur candida menyebabkan kondisi pada pria yang dikenal sebagai balanitis, di mana kepala penis meradang. Hal ini dikenal sebagai infeksi jamur penis

Menurut Robert Mordkin, MD, CMO dari LetsGetChecked dan kepala urologi di Virginia Hospital Center, faktor lain yang dapat menyebabkan infeksi jamur penis adalah ketidakbersihan alat kelamin. 

Sementara itu, kondisi kulit yang teriritasi atau rusak karena luka atau gesekan dari pakaian dan hubungan seksual tanpa pelindung dengan pasangan yang terkena infeksi jamur juga meningkatkan risiko. 

Ilustrasi penis / Mr P lelaki. (Shutterstock)
Ilustrasi penis / Mr P lelaki. (Shutterstock)

"Kondisi tertentu yang sudah ada sebelumnya juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur penis," kata Giuseppe Aragona, MD, seorang dokter umum dan dokter keluarga di Prescription Doctor. 

Menurut Aragona dan Mordkin, beberapa faktor risiko tumbuhnya infeksi jamur penis adalah:

Sementara beberapa gejala infeksi jamur penis menurut Aragona dan Mordkin antara lain:

Terkait

Terkini