Wanita

Kerap Pakai Sandal Jepit, Awas 5 Risiko Kesehatan Mengintai Anda!

Ternyata sandal jepit tidak baik bagi kesehatan bila dipakai seharian, alasannya? Baca artikel ini selengkapnya.

Rauhanda Riyantama

Sandal Jepit (bp-guide.id)
Sandal Jepit (bp-guide.id)

Himedik.com - Sandal jepit termasuk alas kaki favorit banyak orang karena nyaman digunakan, tapi tahukah Anda bahwa ada risiko kesehatan serius yang bisa terjadi akibat sering memakai sandal jepit. Apa saja? Yuk simak ulasan selengkapnya dilansir dari Rd.com

1. Terkilir
Sandal jepit murah meriah bagus dipakai untuk bermain ke pantai, tapi tidak baik untuk dipakai seharian. "Tapak sandal yang rata tidak mendukung bentuk telapak kaki melengkung ke dalam. Posisi itu membuat tumpuan mengarah ke tengah tubuh daripada tetap lurus. Ketika itu terjadi, Anda berpotensi keseleo di pergelangan kaki," kata Eunice Ramsey-Parker, DPM, MPH, profesor kedokteran Podiatrik dan administrator klinik dari Foot Center New York.

2. Peradangan kaki
Posisi tapak yang tidak tepat dapat mengakibatkan pita jaringan di lengkungan telapak kaki tertarik."Ketika Anda mencoba untuk menapaki kaki, bakal ada rasa sakit yang luar biasa di lengkungan," kata Dr. Ramsey-Parker. Untuk mengatasi peradangan bawah ini, Anda perlu menggunakan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen (pereda nyeri), terapi fisik, olahraga, atau suntikan kortison.

3. Mudah terluka
Setelah tumit dan jari kaki tertekan, sandal jepit membuka celah serangan paku, kaca, dan benda-benda berbahaya lainnya ke kaki. Tapi sandal jepit itu sendiri membawa masalah yang lebih besar bahaya tetanus karena tidak melindungi kaki secara keseluruhan. "Ketika sudah terkena tetanus, operasi adalah satu-satunya cara penyembuhan," jelasn Ramsey-Parker.

4. Bisa mengakibatkan kecelakaan mobil
Mengemudi dengan sandal jepit berisiko lebih tinggi mengalami kecelakaan. Sandal jepit dapat mematahkan atau menggeser kaki saat terjebak di bawah pedal gas, sehingga sulit melepas agar mobil berhenti.

5. Mengubah langkah
Tubuh Anda dilatih mengunakan tumit saat melangkah menggunakan sepatu normal. Maka saat Anda lebih sering memakai sandal jepit, maka langkah menjadi tidak stabil karena tidak mengikuti lekuk alami kaki. "Secara alami tubuh akan mengambil langkah lebih kecil," kata Dr. Ramsey-Parker.

Itulah lima risiko kesehatan yang bisa Anda alami bila sering memakai sandal jepit.

Suara.com/Vessy Dwirika Frizona

Artikel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul: Sering Pakai Sandal Jepit, Awas Diincar 5 Risiko Kesehatan Ini!

Berita Terkait

Berita Terkini