Wanita

Sembuhkan Luka Bekas Caesar, Ini Jenis Makanan yang Wajib Dimakan

Makanan ini sangat cepat sembuhkan luka jahitan caesar.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Jahitan bekas caesar. (Operasi Caesar Tips Seputar Operasi Caesar)
Jahitan bekas caesar. (Operasi Caesar Tips Seputar Operasi Caesar)

Himedik.com - Jahitan pasca operasi caesar bisa menyebabkan rasa sakit apalagi ketika biusnya mulai habis. Beberapa wanita terkadang mengalami rasa sakit bahkan sampai berhari-hari.

Darah atau cairan putih juga sering keluar dari bekas jahitan ini. Dalam kasus ini, tentunya dokter memberikan obat pengering bekas jahitan dan serta penghilang rasa nyeri.

Selain obat yang kamu konsumsi, kamu juga diwajibkan konsumsi beberapa makanan di bawah ini. HiMedik sudah menemukan tiga jenis makanan yang harus kamu makan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka bekas caesar.

1. Telur

Protein albumin yang terkandung dalam telur bisa memperbaiki sel-sel yang rusak yang juga membantu mempercepat proses penyembuhan jahitan caesar. Dilansir Boldsky, pastikan juga makanan yang dimakan mengandung vitamin E, C, serta makanan yang mengandung kalori tinggi.

Telur/pexels
Telur/pexels

2. Yogurt

Yogurt/pexels
Yogurt/pexels

Yogurt dipercaya bisa mengeringkan luka pasca operasi caesar dengan cepat. Kandungan seperti serat, zat besi dan vitamin sangat bagus untuk wanita yang melahirkan secara caesar.

3. Ikan gabus

Ikan gabus. (Selerasa.com)
Ikan gabus. (Selerasa.com)

Ikan gabus menjadi sumber protein tertinggi dibandingkan jenis ikan lain. Kandungan protein ikan air tawar ini sangat membantu dalam penyembuhan luka jahitan. Disarankan, konsumsi ikan ini setiap hari setelah melahirkan secara caesar.

Nah, selain tiga jenis makanan di atas, kamu juga harus menjaga agar luka bekas jahitan tersebut tetap kering, steril dan bersih. Jaga kebersihan luka dengan antiseptik yang diberikan dokter.

Selain itu, kamu juga harus minum cukup air agar bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Gunakan pakaian yang nyaman serta longgar supaya jahitan tak iritasi akibat gesekan dengan pakaian.

Satu lagi, kamu juga harus beraktivitas ringan karena terus berbaring tak membuat kondisimu membaik. Coba latihan untuk berdiri, duduk dan berjalan agar peredaran di sekitar luka menjadi lancar.

Berita Terkait

Berita Terkini