Wanita

Awas! Bahaya Ini Mengintai Jika Asal Pasang Bulu Mata

Jika dilakukan sembarangan justru akan berpengaruh pada kesehatan mata.

Rauhanda Riyantama

Ekstensi bulu mata. (shutterstock)
Ekstensi bulu mata. (shutterstock)

Himedik.com - Bagi sebagian wanita, bulu mata menjadi salah satu penunjang penampilan. Apalagi bentuk bulu mata yang lentik, sudah barang tentu menjadi dambaan semua wanita.

Untuk memperolah bentuk bulu mata idaman, banyak wanita yang rela menjalani ekstensi bulu mata. Namun, jika dilakukan sembarangan justru akan berpengaruh pada kesehatan mata.

Fakta tersebut didapat melalui studi pada 2012. Para peneliti mewawancarai 120 wanita yang melakukan ekstensi bulu mata dan menemukan 98 persen dari mereka mengalami mata kering, gatal, bengkak, sensasi terbakar, hingga keluarnya nanah.

College of Optomestris memperingatkan bahwa zat yang digunakan dalam lem penyambung bulu mata menyebabkan iritasi serta merusak mata. Kondisi traksi alopecia, yakni kerontokan karena terlalu banyak ketegangan pada batang rambut, juga bisa terjadi.

Orly Avitur, penasihat medis menyebutkan bahwa ekstensi bulu mata dapat menyebabkan peradangan konjungtiva. Kondisi tersebut terjadi ketika membran bagian dalam yang menutupi kelopak mata meradang.

Iritasi mata. (iStock)
Iritasi mata. (iStock)

Namun, bagi yang ingin melakukan ekstensi bulu mata ada beberapa tips dari praktisi perawatan mata agar tetap aman. Susan Blakeney, penasihat optometri di College of Optometrists menyarankan pasien untuk melakukan tindakan tersebut di tempat yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

"Jangan hanya mengincar harga murah, sangat penting mengutamakan kesehatan diri," kata Blakeney. 

Sementara itu, Lee Shettle, seorang dokter mata di Largo, Florida, merekomendasikan agar pasien menanyakan jenis lem yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko alergi pada mata. 

"Jadilah konsumen yang cerdas. Jangan hanya mengikuti tren semata. Jangan sampai niat mempercantik diri malah berbalik merugikan," tegas Shettle.

Ekstensi bulu mata memang dapat menambah daya tarik para wanita. Tapi, ada baiknya jika selalu memperhatikan segala sesuatunya demi kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini