Wanita

Kulit Kepala Sering Gatal? Waspada Kondisi Psoriasis

Psoriasis pada kulit kepala bisa sangat gatal dan kulit bisa kering, bahkan berdarah.

Rauhanda Riyantama

Psoriasis. (shutterstock)
Psoriasis. (shutterstock)

Himedik.com - Rasa gatal yang disebabkan ketombe pasti sangat mengganggu. Terlebih saat aktivitas sedang padat-padatnya, tentu sering menggaruk kepala menjadi problem tersendiri.

Perlu diketahui, rasa gatal yang muncul pada kulit kepala bisa jadi karena kondisi medis yang disebut psoriasis.  Psoriasis adalah kondisi peradangan pada kulit, dan ini dapat terjadi pada kulit kepala. Psoriasis kulit kepala bisa sangat gatal dan kulit bisa kering, bahkan berdarah.

Ketombe dapat diobati dengan relatif mudah dan jarang menjadi masalah medis yang serius. Sedangkan psioriasis adalah kondisi kronis yang dialami kulit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh. 

Dikutip dari Healthline, ketombe dapat muncul karena penggunaan sampo yang tidak cocok karena terlalu banyak mengandung bahan kimia. Sedangkan psoriasis berhubungan dengan sistem kekebalan yang disebut juga sebagai penyakit autoimun.

Autoimun sendiri adalah serangan terhadap sistem imun yang membuat proses produksi kulit jadi lebih cepat. Kemudian menciptakan pertumbuhan kulit baru yang tidak sehat sehingga mengakibatkan kulit menjadi tebal dan bersisik. 

Dampaknya muncul rasa gatal berlebih daripada rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe. Jika ketombe dapat diatasi dengan sampo anti ketombe, psoriasis dapat diatasi dengan pengobatan topikal seperti pemberian obat salep, lidah buaya, atau cuka apel. Namun, itu hanya bersifat meredakan saja, untuk sembuh total belum ada obatnya.

Berita Terkait

Berita Terkini