Wanita

Hati-hati, Penyakit Ini Bisa Bikin Wanita Sulit Hamil

Wanita wajib tahu.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Ilustrasi. (unsplash)
Ilustrasi. (unsplash)

Himedik.com - Kabar kehamilan menjadi salah satu perasaan paling bahagia yang bisa dirasakan sebuah pasangan suami istri. Namun, akan berakhir sedih jika kehamilan terganggu hanya karena menderita sebuah penyakit.

Sejumlah penyakit diketahui bisa membuat wanita sulit hamil. Kali ini HiMedik telah merangkum beberapa penyakit yang bikin wanita sulit hamil.

1. Radang panggul

Penyakit ini merupakan salah satu yang membuat wanita sulit hamil. Radang panggul disebabkan oleh beberapa hal, misalnya penyakit menular seksual, infeksi akibat keguguran atau efek dari alat kontrasepsi.

Gejala yang ditimbulkan misalnya sakit perut bagian bawah, perubahan cairan Mrs V, atau rasa sakit saat berhubungan.

2. Penyakit menular seksual

Ada banyak penyakit menular seksual, namun yang paling berisiko menyebabkan seseorang sulit hamil adalah klamidia dan gonore. Efek klamidia dapat merusak indung telur, sementara gonore dapat menyumbat saluran indung telur.

Ilustrasi. (unsplash)
Ilustrasi. (unsplash)

3. Sindrom ovarium polikistis

Sindrom ini ditandai dengan munculnya jerawat, haid yang tidak teratur, tumbuhnya rambut yang berlebihan bahkan pada mereka yang obesitas gejala bisa lebih parah.

Tanda dari sindrom ini meliputi pembesaran ovarium yang berisi cairan folikel.

4. Uterine fibroid

Penyakit ini terjadi jika fibroid atau sel jaringan rahim tumbuh di dalam rongga rahim. Biasanya, saran dokter yang paling umum bagi penderita penyakit ini adalah melakukan operasi.

5. Endometriosis

Penyakit ini sering menyebabkan radang panggul. Tidak hanya mengganggu kesuburan, endometriosis juga sering membuat seseorang merasa nyeri saat datang bulan.

Dapatkan tindakan secepatnya jika kamu mengalami salah satu penyakit di atas. Jangan sampai kehamilanmu terganggu hanya karena itu.

Berita Terkait

Berita Terkini