Wanita

Michelle Obama Ungkap Rahasia Keguguran dan IVF 20 Tahun Silam

Dalam sebuah wawancara TV ia mengungkapkan bahwa menggunakan program bayi tabung untuk hamil anak-anaknya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Michelle Obama. (Instagram/michelleobama)
Michelle Obama. (Instagram/michelleobama)

Himedik.com - Mantan ibu negara, Michelle Obama baru-baru ini mengungkapkan bahwa 20 tahun yang lalu dia pernah mengalami keguguran dan melakukan program bayi tabung (IVF) untuk hamil kedua putrinya, Malia dan Sasha.

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada acara 'Good Morning America', Michelle Obama mengatakan dia merasa kehilangan dan sendirian setelah kegugurannya. Dia merasa seperti gagal karena tidak tahu bagaimana biasanya keguguran terjadi karena ia dan suami tidak membicarakannya.

''Kami duduk dalam rasa sakit, berpikir entah bagaimana kami akan hancur,'' ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ia harus melakukan IVF (In Vitro Fertilization) jika ingin hamil. Program itu berhasil dan sekarang anak-anaknya sudah berusia 20 dan 17 tahun.

Embrio hasil IVF. (pixabay/DrKontogianniIVF)
Embrio hasil IVF. (pixabay/DrKontogianniIVF)

Perlu diketahui In Vitro Fertilization (IVF) atau dikenal dengan istilah bayi tabung merupakan teknik kehamilan yang pembuahannya dilakukan di luar tubuh. Teknik ini dilakukan untuk membantu orang-orang dengan masalah kesuburan.

Prosedurnya dimulai dari istri konsumsi obat kesuburuan yang telah diresepkan oleh dokter. Obat tersebut berfungsi untuk merangsang indung telur supaya memproduksi banyak sel telur dalam satu waktu karena jumlah sel telur yang banyak meningkatkan peluang program hamil bayi tabung sukses.

Saat sel telur matang, sel telur akan diangkat dan disatukan dengan sperma suami yang sebelumnya sudah diambil. Sel telur yang sudah dibuahi (embrio) akan diinkubasi selama beberapa hari dan embrio yang paling sehat akan dimasukkan ke dalam rahim.

Berita Terkait

Berita Terkini