Sabtu, 07 Desember 2019

Tragis! Dokter Mabuk Saat Operasi Caesar, Ibu dan Anaknya Tewas

Chachiya mengalami pendarahan hebat setelah operasi.

Rauhanda Riyantama
Ilustrasi operasi caesar. (unsplash)
Ilustrasi operasi caesar. (unsplash)

Himedik.com - Sungguh tragis, seorang dokter kandungan di distrik Botad, Gujarat, India ditangkap polisi karena mabuk saat lakukan operasi caesar. Akibat tindakannya itu, ibu dan anaknya dalam kandungan tewas

Seperti dilaporkan India Today, peristiwa itu terjadi pada Senin (26/11/2018) malam di Rumah Sakit Sonawala. Korban bernama Kaminiben Chanchiya berusia 22 tahun.

Menurut laporan, Chachiya mengalami pendarahan hebat setelah operasi. Keluarga lalu memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit lain, tetapi ia meninggal di tengah jalan.

Selang sehari, pihak kepolisian menangkap si dokter. Polisi memublikasikan nama dokter mabuk tersebut adalah PJ Lakhani. Secara kronologis, bayi perempuan itu lebih dulu meninggal, baru kemudian disusul sang ibu.

"Dalam penyelidikan kami, dokter PJ Lakhani sedang mabuk saat melakukan operasi bedah sesar. Kini dia sudah ditahan dan sampel darahnya tengah diuji di laboratorium,” kata Inspektur Kepolisian Botad, Harshad Mehta.

Sementara jasad Chanchiya telah dikirim ke Rumah Sakit Sipil Bhavnagar untuk postmortem dan autopsi. Kesemuanya dilakukan untuk melengkapi berkas penyidikan agar dokter PJ Lakhani bisa diseret ke pengadilan.

"Semua berkas itu akan kami serahkan ke komite ahli bedah sipil. Komite itulah yang berhak menentukan apakah ada malapraktik atau tidak. Setelahnya, kalau terbukti ada, dia akan kami seret ke pengadilan,'' ungkap Harshad Mehta.

Sementara itu, pihak Rumah Sakit Sonavala telah membentuk komite untuk menyelidiki penyebab kematian ibu dan anak itu.

 

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Dokter Mabuk Lakukan Operasi Sesar, Ibu dan Bayi Tewas

Terkait

Terkini