Wanita

Catat, Ini 3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Makanan pedas dapat membuat gejala PMS semakin parah.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Junk food. (pixabay/RitaE)
Junk food. (pixabay/RitaE)

Himedik.com - Setiap bulannya, perempuan yang sudah puber dan belum menopause pasti mengalami menstruasi. Saat itu tiba,  kaum hawa akan mengalami PMS (pre-menstrual syndrome) berupa kram atau sakit perut serta perubahan suasana hati yang cukup ekstrem.

Nah, supaya gejala PMS yang dirasakan tidak makin parah, sebaiknya hindari makanan berikut.

1. Soda dan kafein

Menurut dr. Joseph Mercola, konsumsi minuman yang tinggi kafein berhubungan dengan tingginya kadar estrogen, yang meningkatkan risiko kanker endometrium dan kanker payudara. Minuman berkafein juga berkaitan dengan peningkatan frekuensi dan gejala dari PMS (pre-menstrual syndrome).

Selain itu, wanita yang rutin mengonsumsi minuman bersoda telah terbukti mengalami gejala PMS yang lebih dari biasanya, jika dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi soda sama sekali.

Ilulstrasi minuman bersoda. (pixabay)
Ilulstrasi minuman bersoda. (pixabay)

2. Junk food

Terlalu sering mengonsumsi junk food dapat menyebabkan perubahan hormonal terutama pada kalangan remaja. Akibatnya mereka rentan terhadap perubahan suasana hati dan perubahan perilaku.

Selain itu junk food tergolong minim nutrisi, yang meningkatkan kemungkinan para remaja menderita depresi hingga 58 persen. Nah, jadi kalau sedang haid hindari junk food ya supaya mood tidak semakin berantakan.

3. Makanan pedas

Makanan pedas mengandung banyak sekali cabai yang kaya akan vitamin C. Sedangkan vitamin C sendiri dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Selain itu, cabai mengandung senyawa capsaicin yang tidak bisa dipecah dan dapat menyebabkan iritasi pada usus halus. Akibatnya gejala kram perut bisa semakin parah tuh girls.

Itulah 3 makanan yang harus dihindari saat menstruasi. Kecuali kalau kamu mau gejala PMS semakin parah, ya sah-sah saja dikonsumsi.

Berita Terkait

Berita Terkini