Wanita

Minum Satu Liter Kecap Asin, Perempuan Ini Alami Hal Mengerikan

CG minum satu liter kecap asin bermula saat menonton tayangan di Youtube.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi kecap asin. (pixabay)
Ilustrasi kecap asin. (pixabay)

Himedik.com - Dikira bermanfaat untuk membersihkan usus, seorang perempuan minum satu liter kecap asin. Alih-alih menyehatkan, hal mengerikan ini justru menimpa perempuan berinisial CG itu. 

Melansir dari Metro.c.uk, CG minum satu liter kecap asin bermula saat menonton tayangan di Youtube. Alhasil, kondisi kesehatan perempuan berusia 39 tahun ini makin memburuk karena mengalami serangan jantung dan kerusakan saraf otak.

Dalam saluran Youtubenya, Dr Bernard dari University of Illinois, mengatakan bahwa perempuan tersebut mengalami hipernatremia atau kadar natrium yang berlebihan dalam darah. Menurut dia, perempuan itu salah mengartikan maksud dari video yang dilihatnya tentang khasiat kecap asin.

"Perempuan itu salah mengartikan tentang natrium pada kecap. Yang benar, di mana pun natrium berada dalam tubuh, maka air akan mengalir ke arahnya dan racun dalam tubuh akan hanyut sebagau hasilnya. Tapi bukan berarti seseorang harus menenggak kecap dalam jumlah banyak," ujar dr Bernard.

Ia mengatakan, natrium di perut perempuan tersebut mulai menarik air dari otot dan organ tubuhnya sehingga membuatnya mengalami dehidrasi berat. Bahkan menurut dr Bernard ini adalah satu-satunya kasus yang dilaporkan dari seseorang yang mengonsumsi kecap begitu banyak sehingga menyebabkan kerusakan serius.

"Konten yang tersedia di internet, bagaimanapun, adalah video dari orang-orang yang menenggak botol kecap sebagai tantangan viral 'menyenangkan'. Dan saya ingatkan jangan mudah percaya dengan anjuran bahwa minum kecap dalam jumlah besar bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh," tambah dia.

Menurutnya, kecap sangat baik untuk dikonsumsi dalam jumlah kecil sebagai bumbu. Hal ini juga diamini George Hamlyn-Williams, ahli gizi di The Hospital Group. Ia mengatakan kecap sangat tinggi garam yakni mengandung 12,9 g per 100ml. Itu sebabnya kecap harus dikonsumsi dalam jumlah secukupnya.

"Kita memang membutuhkan garam dalam makanan untuk membantu sel-sel tubuh berfungsi dengan baik. Namun, terlalu banyak garam dapat menyebabkan masalah seperti peningkatan tekanan darah dan retensi air yang pada akhirnya risiko stroke, penyakit ginjal dan serangan jantung meningkat," kata Williams.

Nah, batasan untuk mengonsumsi kecap dalam satu hari adalah tiga sendok makan. Jadi jangan berlebihan ya!

Suara.com/Firsta Nodia

 

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Viral Minum Kecap Asin untuk Bersihkan Usus, Ini Bahayanya

Berita Terkait

Berita Terkini