cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Ngeri, Gadis Ini Alami Luka Bakar Setelah Lakukan Tato Henna

Tak lama setelah lakukan tato henna, Freja mengeluh gatal di bagian pergelangan tangan hingga ke siku.

Rauhanda Riyantama
cloud_download Baca offline
Ilustrasi tato henna. (pixabay)
Ilustrasi tato henna. (pixabay)

Himedik.com - Nasib malang menimpa gadis tiga tahun asal Inggris ini. Akibat menggunakan tato henna, gadis bernama Freja Ellis menderita luka bakar yang cukup mengerikan di sekujur lengannya.

Insiden ini terjadi saat Freja berlibur bersama keluarganya ke Antalya, Turki. Mulanya ia mendapat izin dari ibunya Marlana (32) untuk menato henna setelah melihat anak-anak perempuan seusianya melakukan hal yang sama.   

Namun nahas, tak lama setelah kembali tiba di Inggris, Freja mengeluh gatal di bagian pergelangan tangan hingga ke siku. Kemudian ia menderita lecet dan berubah menjadi infeksi yang menyakitkan.

''Kulitnya melepuh dan ia sangat kesakitan. Kami sama sekali tidak menyadari bahaya dan ingin membuat orangtua lain tahu efek tato henna yang mengerikan ini,'' kata ungkap Marlana, seperti dikutip Mail Online.

Marlana yang berprofesi sebagai perawat mengatakan, ia dan putrinya pergi ke tukang cukur dekat hotel mereka menginap. Di sana tukang cukur itu juga melakukan tato henna. ''Freja lantas membuka-buka buku desain tato dan memilih gambar kucing lucu yang sedang duduk," jelasnya.

Ruangan tukang cukur itu nampak sangat bersih dan rapi. Staf yang bertugas menato sebelumnya juga mengusap lengan Freja dengan antiseptik. Marlana pun jadi tak khawatir.

''Butuh sekitar 10 menit untuk menyelesaikan tato. Kemudian kami harus menunggu 10 menit lagi untuk mengeringkannya. Freja benar-benar puas. Sampai kami sampai di rumah, hal aneh pun terjadi,'' ungkap Marlana.

henna (YouTube)
Henna. (YouTube)

 

Freja mulai mengeluh gatal dan sensari terbakar. ''Setelah tiga hari di rumah, Freja mengatakan, mama lenganku terasa panas dan gatal. Ini menyakitkan," lanjutnya.

Alkohol sempat diberikan untuk meredakan rasa sakit. Namun, ketika Freja bangun keesokan harinya, ia langsung menjerit dan menangis ketika luka bakar itu mulai muncul.

Mengetahui kejadiaan itu, Marlana langsung membawa Freja ke rumah sakit untuk menangani luka bakarnya. Beruntung, kini kondisinya makin membaik dan lengannya berangsur pulih. 

Semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi para orangtua agar waspada terhadap henna. Meski nampaknya terlihat aman, ada baiknya selalu mengecek kesterilan dan dampkanya untuk tubuh.

Terkait

Terkini