Wanita

Curhatkan Ejekan Mandul, Inul Daratista Sempat Bahas Perceraian dengan Adam

Begini lo, penjelasan singkat proses bayi tabung.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Keluarga Inul Daratista - (Instagram/@inul.d)
Keluarga Inul Daratista - (Instagram/@inul.d)

Himedik.com - Pedangdut Inul Daratista baru-baru ini menuliskan curhatan soal cibiran netizen yang menganggap dirinya mandul. Curhatan itu disertakan sebagai keterangan untuk foto yang diunggahnya di akun Instagram @inul.d, Selasa (29/1/2019).

Foto itu memperlihatkan Inul tengah tidur bertiga dengan suami dan anaknya, Adam Suseno dan Yusuf Ivander Damares atau Ivan.

Dengan membubuhkan emoji menangis, Inul mengaku dulu banyak orang mengatakan dirinya mandul dan tak akan bisa mempunyai anak. Namun, saat itu Inul percaya, dirinya belum dikaruniai buah hati karena memang belum waktunya.

Kendati telah berusaha menerima keadaan, pedangdut asal Pasuruan ini pernah membahas perceraian dengan Adam karena menyangka infertilitas alias kemandulan benar-benar terjadi padanya. Ia menawari Adam untuk menceraikannya jika memang tak bisa memberikan keturunan.

Beruntung, Inul memiliki suami yang begitu pengertian. Adam justru selalu memberinya kekuatan dan sama sekali tak ada niat meninggalkan sang istri meskipun tak kunjung memiliki anak setelah 13 tahun membina pernikahan.

''Tapi keyakinanku kuat bahwa aku sehat, Allah belum kasih kepercayaan sebab nasibku belum baik. Aku besarkan hatiku. Sempat ku katakan pada Adam, 'Jika benar aku tak bisa memberimu keturunan, kita pisah, cari yang bisa memberimu keturunan','' tulis Inul.

''Meskipun Adam tak pernah sekalipun menuntut, meminta aku punya anak, secara lisan dan berontak, dan justru menguatkan ku sampai maut memisahkan. 'Aku akan menerimamu sebagai istriku meskipun kamu tidak bisa memberiku anak.' Wahh jantungku nganti mau copot dengar dia bilang begitu.''

Menurut Inul, dirinya tak segera mengandung karena terikat pada jadwal yang sangat padat. Ia mengungkapkan, dalam ''sehari bisa tujuh tempat hajatan didatangi. Rontok bener tuh benih sperma.''

 

Inul dan suaminya kemudian menjalani program bayi tabung, yang dalam dunia medis disebut in fitro vertilization (IVF). Program tersebut berhasil dan membuatnya melahirkan anak laki-laki, Ivan, yang kini telah berusia 10 tahun.

''Dia enggak tahu bayi tabung itu apa, lahirnya dari mana. Sering dia tanya, tapi aku jelaskan seperlunya saja, belum semuanya, mungkin tunggu momen dan dia paham betul,'' ungkap pemilik goyang ngebor itu.

Sang anak tunggal pun sangat disayangi oleh kedua orang tuanya. Inul dan Adam bahkan kerap berebut menjaga Ivan tiap malam. Apalagi, Inul mengatakan, kehamilannya dulu terasa berat.

''Anak sing tak gadang, dapatnya susah setengah mati, prosesnya berat karena dari 3 bulan sampai mau lahir, tidurku duduk saja karena janin sungsang dan leher kelilit usus, melingkar, sangat bahaya jika dia terjerat, bisa tak tertolong nyawanya,'' jelas Inul.

''Apa pun kata Anda, biarkan kami bahagia dengan kruntelan begini, urusan hok'a hok'e sama Kumis atur belakangan, sing penting bocah iki kudu di pelukan kami berdua.''

''I love you, Pak Kumis. Iki hadiahku padamu, anak lanang sing bagus dewe @ivanderdamares. Ternyata rahimku subur makmur ora mandul to,'' tutup wanita bernama lengkap Ainur Rokhimah ini.

Menurut halaman WebMD, program bayi tabung atau IVF, secara singkat dijelaskan, dilakukan dengan cara menyatukan sel telur dan sperma di laboratorium. Sel telur yang dibuahi kemudian terus diobservasi di klinik. Begitu embrio telah siap, dokter memindahkannya ke dalam rahim.

Namun, sebelum melakukan prosedur ini, biasanya dokter akan menyuntikkan hormon agar calon ibu memproduksi banyak sel telur tiap bulan. Calon ibu kemudian akan diberi suntikan sebagai pengobatan untuk mematangkan sel telur yang sedang berkembang dan memulai proses ovulasi, atau terlepasnya sel telur dari indung telur.

Setelah itu, dokter akan melakukan tes darah dan ultrasonografi (USG) untuk memastikan bahwa sel telur sudah siap diambil untuk disatukan dengan sperma.

Berita Terkait

Berita Terkini