Wanita

Alami Kelainan Misterius, Wanita Ini Dipenuhi Ruam dan Bibirnya Bengkak

Kelainan CIU biasanya dialami oleh wanita 20-40 tahun.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi wanita menutup mulut - (Pixabay/Deedee86)
Ilustrasi wanita menutup mulut - (Pixabay/Deedee86)

Himedik.com - Seorang wanita di Inggris didiagnosis dengan urtikaria idiopatik kronis (CIU) atau gatal-gatal idiopatik kronis. Namun ia takut gejalanya bisa muncul lagi karena dirinya tak yakin penyebab munculnya kelainan itu sejak awal.

Lydia O'Connor (23) mengatakan bahwa bibirnya sangat bengkak dan seluruh tubuhnya gatal serta dipenuhi ruam selama enam bulan. Ia pun harus bolak-balik rumah sakit.

Mengutip Fox News, Kamis (7/2/2019), O'Connor mengatakan, tahun lalu dia akhirnya didiagnosis menderita sebuah kelainan setelah empat hari menjalani perawatan intensif. Dia mengatakan, reaksi kelainan itu mulai muncul ketika dia masih remaja, tetapi saat itu didiagnosis sebagai alergi kacang.

Namun, ketika reaksi terbarunya muncul, ia tidak tahu apa yang terjadi pada tubuhnya.

Ilustrasi gatal - (Shutterstock)
Ilustrasi gatal - (Shutterstock)

''Bibir saya benar-benar membesar,'' katanya kepada Caters News. ''Ketika saya dirawat di ICU, saya kira saya mengalami reaksi alergi yang parah seperti anafilaksis karena saya kesulitan bernapas, dan lidah serta bibir saya sangat bengkak.''

Obat yang diberikan pada O'Connor membantu menjinakkan pembengkakan, tetapi ia mengatakan, gejala itu bisa muncul lagi. Ruam di tubuhnya pun hilang pada Agustus tahun lalu, tetapi dia takut itu muncul lagi karena dia belum tahu penyebab pastinya.

Menurut Journal of American Academy of PAs, seseorang didiagnosis CIU ketika mengalami gatal-gatal selama enam minggu atau lebih. Sering kali penyebabnya tak diketahui, dan hingga 50 persen pasien mengalami pembengkakan pada kulit, seperti yang dialami O'Connor di bibir dan wajahnya.

Menurut jurnal itu, kelainan ini sulit diobati karena penyebabnya masih menjadi misteri. Wanita dua kali lebih mungkin terserang CIU dibandingkan pria, dengan sebagian besar dari mereka mengalami gejalanya pada usia antara 20 hingga 40 tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini