Wanita

Waduh, IUD Wanita Ini Jatuh dan Mengambang di Perutnya Selama 11 Tahun

Dokter yang memasang alat kontrasepsi itu hanya mengatakan bahwa IUD jatuh tanpa ada tindak lanjut.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi hasil rontgen. (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi hasil rontgen. (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Banyak alat kontrasepsi yang bisa dipilih pasangan suami istri untuk mencegah kehamilan. Mulai dari bentuk pil, suntikan, hingga implan. Meski terbukti efektif, sayangnya masing-masing memiliki kekurangan. Seperti wanita ini yang IUD-nya jatuh dan masuk ke perut.

Diberitakan oleh New York Post, pada akhir 2007, Melinda Nichols dari Chillicothe, Ohio, memutuskan bahwa tidak akan hamil lagi setelah kelahiran anak terakhir. Dia sudah mencoba pil dan suntikan Depo-Provera tapi tidak berhasil.

Jadi, beberapa minggu setelah kelahiran putra bungsunya, ia memilih perangkat Mirena intrauterine (IUD), bentuk semi-permanen dari pengendalian kelahiran hormonal.

Beberapa minggunya lagi, Nichols kembali ke dokter yang melakukan pemasangan untuk tindak lanjut. Dia diberitahu bahwa rontgen rutin akan dilakukan untuk memastikan IUD-nya berada di tempat yang sama dengan saat dimasukkan.

Namun ternyata, hasil X-ray tidak menunjukkan IUD. Dokter mengatakan bahwa alat kontrasepsi itu jatuh

Mereka meyakinkannya bahwa hal itu bisa saja terjadi dan menyarankan dia mendapatkan yang lain. Karena frustrasi, Nichols membuat keputusan terakhir untuk melakukan ligasi tuba sebagai gantinya.

Namun ternyata itu tak hanya sekadar 'jatuh'. Nichols yang saat ini berusia 40 tahun, pada November lalu punggungnya mengalami tegang otot saat bekerja.

Untuk mengetahui kondisinya, ia lantas melakukan rontgen di area perut pada saat itu.

"Anda harus menghubungi dokter kandungan Anda. IUD Anda berada di tempat yang aneh," kata dokter padanya.

Hasil X-ray-nya menunjukkan bahwa implan rupanya tertusuk melewati serviks dan bermigrasi ke rongga perut. Nichols mengerti tapi dia bingung.

"Saya tidak tahu. Itu ternyata ada dalam tubuhku selama hampir 11 tahun," kata Nichols kepada The Post.

Stephen Chasen, seorang spesialis kedokteran ibu-janin di Weill Cornell Medicine & NewYork-Presbyterian, mengatakan migrasi IUD terjadi karena perforasi dinding rahim.

Ini dapat terjadi selama proses penyisipan berkat praktisi yang tidak berpengalaman. Atau, IUD dapat terkikis melalui rahim dan berakhir melayang di suatu tempat di perut. Ini terjadi pada sekitar satu dari setiap 1.000 pasien IUD.

"Untuk kasus-kasus IUD secara bertahap mengikis keluar dari rahim, tidak jelas mengapa hal itu terjadi atau apakah itu dapat dicegah atau tidak," kata Chasen kepada The Post.

Chasen mengatakan risiko IUD yang berpindah tidak besar. Kehamilan yang tidak diinginkan akan menjadi hasil yang paling tidak diinginkan. Beberapa wanita, seperti Nichols, mungkin mengalami sakit perut yang misterius.

"Aku akan mendapatkan rasa sakit yang aneh ini di sisiku. Kamu tidak pergi ke dokter hanya karena kamu merasakan sakit yang aneh sesekali," katanya.

Akhir bulan lalu, dia pergi untuk melepas IUD-nya melalui laparoskopi. Menggunakan kamera mengular dan lengan robot, ahli bedah menjelajahi organ bawahnya untuk mencari implan itu.

Seandainya Nichols tidak menemui dokter untuk masalah yang tidak ada kaitannya, dia mengatakan tidak ada yang tahu berapa lama dia mungkin terus berjalan dengan IUD yang hilang di dalam tubuhnya.

Dia tidak pernah kembali untuk mencari tahu mengapa dokter yang melakukan penyisipan tidak melihat perangkat dalam X-ray tindak lanjut pertama. Dia berharap wanita akan membaca ceritanya dan pastikan untuk menekan dokter mereka agar lebih teliti.

IUD bukan satu-satunya implan kontrasepsi yang bisa hilang dalam tubuh. November lalu, sebuah laporan menemukan bahwa implan Nexplanon, biasanya dimasukkan tepat di bawah kulit lengan atas, muncul di paru-paru, dada, dan arteri vital beberapa pasien.

"Pastikan bahwa jika Anda memiliki sesuatu seperti ini, Anda memeriksanya. Jika mereka mengatakan itu jatuh, Anda memastikan mereka tahu itu jatuh!" tuturnya memperingatkan.

Berita Terkait

Berita Terkini