Jum'at, 15 November 2019

Ladies, Benarkah Hubungan Seks Teratur Bisa Bikin Gemuk?

Simak penjelasannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere
Ilustrasi menimbang berat badan - (Pixabay/sisdahgoldenhair)
Ilustrasi menimbang berat badan - (Pixabay/sisdahgoldenhair)

Himedik.com - Aktif secara seksual bisa memiliki berbagai efek pada tubuh. Para ilmuwan telah mengklaim seks dapat meningkatkan kesehatan jantung, menghilangkan stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengendalikan sirkulasi darah.

Namun, ada beberapa pemikiran yang mengatakan bahwa berhubungan seks secara teratur juga bisa membuat seseorang gemuk.

Mengutip dari timesofindia, seks tidak membuat kamu bertambah berat tetapi ketidakseimbangan hormon seks dapat memengaruhi berat badan. Namun, ketidakseimbangan ini tidak ada hubungannya dengan aktivitas seksual.

Sebenarnya ini tergantung pada usia pubertas, siklus menstruasi dan menopause. Ini adalah fluktuasi hormon seks seperti DHEA, estrogen dan progesteron yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

Jika kamu kekurangan hormon DHEA (yang merupakan hormon seks, baik pada pria maupun wanita), maka kamu mungkin mengalami kenaikan berat badan. Ketidakstabilan hormon estrogen dan progesteron juga bisa membuatmu bertambah gemuk.

Berat badan/pexels
Berat badan/pexels

 

Kepercayaan lain adalah bertambah gemuk setelah menikah.

Pertama, harus dicatat bahwa bukan hanya wanita, tetapi pria juga dapat menambah berat badan setelah menikah. Namun, seks menjadi penyebab kenaikan berat badan setelah menikah adalah mitos.

Menurut para ahli kesehatan, kenaikan berat badan tidak ada hubungannya dengan seks. Menambah berat badan setelah menikah dikaitkan dengan kenyamanan berada dalam suatu hubungan dan mendapatkan rasa aman.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang yang menjalin hubungan cenderung makan lebih banyak daripada yang lajang.

Di sisi lain, seks sebenarnya dapat membantu menghilangkan kalori. Saat bercinta, kamu mengeluarkan energi dan menurut para ahli, kamu dapat membakar 100 hingga 300 kalori dalam sesi 30 menit yang penuh gairah.

Terkait

Terkini