Wanita

Selain Kaki, Ini 5 Bagian Tubuh yang Alami Pembengkakan Selama Kehamilan

Pembengkakan terjadi karena tubuh memiliki lebih banyak darah dan cairan selama seluruh periode kehamilan.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi wanita hamil - (Pixabay/paulavsouza)
Ilustrasi wanita hamil - (Pixabay/paulavsouza)

Himedik.com - Beberapa masalah umum yang terkait dengan kehamilan adalah penambahan berat badan, perdarahan, mual, kram, keputihan dan rasa sakit di daerah perut.

Meski demikian masalah-masalah yang berhubungan dengan kehamilan ini bervariasi pada masing-masing wanita dan kehamilan. Namun, hal yang biasanya terjadi di hampir semua kehamilan adalah pembengkakan tubuh.

Pembengkakan terjadi karena tubuh memiliki lebih banyak darah dan cairan selama seluruh periode kehamilan. Bagian tubuh yang membengkak selama kehamilan tak hanya terjadi di kaki. Dirangkun dari Boldsky, berikut bagian tubuh yang alami pembengkakan selama kehamilan.

Bibir

Walaupun tidak terlalu umum, bibir yang bengkak dalam kehamilan juga merupakan kejadian yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Disebabkan oleh perubahan hormon, bibir yang bengkak, jika menyebabkan rasa tidak nyaman, dapat secara efektif diobati dengan mengoleskan mentega atau minyak zaitun.

Payudara

Nyeri di payudara yang diikuti dengan pembengkakan, terjadi pada sebagian besar wanita hamil. Mulai dari 10-15 hari sejak pembuahan, pembengkakan yang terjadi disebabkan oleh produksi ASI.

Ilustrasi hamil (Pixabay/Bgmfotografia)
Ilustrasi hamil (Pixabay/Bgmfotografia)

Hidung

Dikaitkan dengan perubahan hormon dalam tubuh, hidung dapat terlihat kembung pada beberapa wanita saat pembuluh darah membengkak. Wanita yang mengalami hidung bengkak disarankan untuk tetap terhidrasi guna mengendalikan pembengkakan hidung.

Wajah

Perubahan hormon selama kehamilan juga dapat menyebabkan pembengkakan wajah. Latihan wajah dan konsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Namun hati-hati, meski jarang terjadi, menggunakan pewarna rambut permanen selama kehamilan dapat menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan pembengkakan ekstrem di wajah.

Gusi

Sangat umum terjadi pada wanita hamil mengalami pembengkakan pada gusi. Kondisi ini disebut sebagai gingivitis dan menyebabkan sensitivitas pada gigi, yang disertai dengan rasa sakit dan juga pendarahan dari gusi.

Itulah lima bagian tubuh yang alami pembengkakan selama kehamilan selain kaki.

Berita Terkait

Berita Terkini