Wanita

Bikin Rambut Makin Cantik dengan Lima Ramuan Lidah Buaya Ini, yuk!

Siapkan gel lidah buaya dan campur dengan beberapa bahan alami pilihanmu!

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay/difotolife)
Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay/difotolife)

Himedik.com - Sudah sejak lama lidah buaya terkenal karena khasiat obatnya. Bahkan tanaman ini telah menjadi bagian utama dari dermatologi. Tak heran banyak produk di pasaran yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya.

Lidah buaya mengandung vitamin A, C dan E, yang merupakan antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Ini mengandung asam lemak yang memberikan sifat anti-inflamasi.

Selain untuk kesehatan, banyak orang memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan termasuk rambut. Dirangkum dari Boldsky, berikut lima cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut.

1. Lidah buaya dan minyak jarak

Minyak jarak mengandung asam risinoleat dan asam lemak omega-6, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya siapkan 2 sdm minyak jarak, 1 cangkir gel lidah buaya, 2 sdm fenugreek bubuk.

Campur semua bahan dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta pada kulit kepala dan rambut sebelum tidur. Tutupi kepala dengan shower cap. Biarkan semalaman. Pagi harinya, cuci rambut dengan air dingin.

Tanaman lidah buaya. (pixabay)
Tanaman lidah buaya. (pixabay)

2. Lidah buaya dan bawang

Bawang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Ini juga membantu memfasilitasi pertumbuhan rambut. Siapkan 1 cangkir jus bawang bombai, 1 sdm gel lidah buaya, lalu campur keduanya.

Oleskan pada rambut dan kulit kepala sembari pijat dengan lembut. Biarkan selama 1 jam. Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner ringan.

3. Lidah buaya dan minyak nimba

Minyak nimba memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Aktivitas antioksidan dari minyak nimba membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit kepala. Serta membantu mencegah ketombe.

Campurkan 2-3 sdm gel lidah buaya dan 12-15 tetes minyak nimba. Pijat dengan lembut campuran di kulit kepala sebelum tidur. Biarkan semalaman. Paginya, cuci rambut dengan sampo dan kondisioner ringan.

Lidah Buaya. (Pixabay/MetsikGarden)
Lidah Buaya. (Pixabay/MetsikGarden)

4. Lidah buaya dan yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang membantu membersihkan kulit kepala. Caranya, campurkan 2 sdm gel lidah buaya, 1 sdm yoghurt, dan 2 sdm madu. Oleskan campuran ini ke seluruh rambut.

Setelah 10-15 menit, pijat dengan lembut kulit kepala dan setelah 15 menit, bilas dengan air. Lanjutkan dengan keramas.

5. Cuka lidah buaya dan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Ini melembabkan kulit kepala dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala.

Caranya, campurkan 1 cangkir gel lidah buaya segar, 2 sdm cuka sari apel, dan 1 sdm madu. Oleskan pada kulit kepala dan pijat lembut selama beberapa menit lalu ratakan ke rambut.

Biarkan selama 15 menit. Bilas dan lanjutkan dengan mencuci rambut.

Karena rambut adalah mahkota wanita, tentunya menjaga kecantikan rambut merupakan hal wajib yang harus diperhatikan oleh semua wanita. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini