Wanita

Cek! Ternyata Ini Alasan Ibu Hamil Alami Gigi Sensitif

Bumil bisa mengatasinya dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Vika Widiastuti

ilustrasi gigi ngilu (shutterstock)
ilustrasi gigi ngilu (shutterstock)

Himedik.com - Masa kehamilan adalah fase yang berat sekaligus nikmat bagi ibu hamil. Biasanya tak sedikit ibu hamil yang mengalami penurunan selera makan hingga fisik yang cepat lelah

Selain itu, salah satu keluhan yang juga kerap dialami saat hamil adalah masalah gigi menjadi lebih sensitif.

Menurut dr Callista Argentina Wulansari, SKG, Drg, CHt, pada ibu hamil, gigi sensitif salah satunya dipicu oleh gejala mual dan muntah yang terjadi pada trisemester pertama kehamilan. Mual dan muntah mengandung asam sehingga memicu gigi sensitif.

"Ibu hamil yang kita khawatirkan mual dan muntah. Mual dan muntah mngandung asam dan bikin gigi sensitif. Jadi memang secara alamiah kondisi kehamilannya yang memicu gigi menjadi lebih sensitif," ujar drg Callista dalam temu media di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Senyawa asam sendiri, kata drg Callista, menusuk dentim gigi yang terbuka sehingga menimbulkan rasa ngilu. Agar tidak memperburuk keadaan, bumil bisa mengatasinya dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Meski demikian teknik menyikat giginya harus diperhatikan.

"Kalau ibu hamil lebih hati-hati saat menyikat gigi karena bisa memicu mual juga. Lebih baik sikat giginya pelan-pelan. Cukup dua menit. Satu menit langsung tanpa berhenti untuk bagian atas dan satu menit selanjutnya bagian bawah," tandas dia.  (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini