Selasa, 10 Desember 2019

Chelsea Olivia Bagikan Tips untuk Menyimpan dan Membersihkan Seledri

Keluarga Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie rutin memimun jus seledri setiap pagi.

Vika Widiastuti
Chelsea Olivia. [suara.com/Puput Pandansari]
Chelsea Olivia. [suara.com/Puput Pandansari]

Himedik.com - Jus seledri semakin diminati. Hal tersebut karena manfaatnya yang mengandung banyak antioksidan beberapa di antaranya quercetin, asam caffeic, dan asam ferulic yang dipercaya bisa melawan kerusakan radikal bebas.

Selain itu, mengonsumsi jus seledri diyakini bisa mengurangi pembengkakan di dalam tubuh. Bahkan bisa menyembuhkan jerawat dan menghaluskan kulit.

Sadar akan banyaknya manfaat seledri, keluarga Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie rutin memimun jus seledri setiap pagi. Lewat channel Youtube Alinskie Family, Chelsea bersama Glenn berbagi manfaat minum jus seledri.

Ia juga berbagi tips cara memilih seledri yang baik untuk jus, sekaligus cara menyimpan dan membersihkannya. Dalam video tersebut tampak Chelsea dengan Glenn sedang berada di sebuah supermarket, mereka sengaja datang untuk mencari seledri.

Chelsea membuka video dengan mengatakan, bahwa keluarganya rutin minum jus seledri setiap pagi. Saran ibu satu anak itu dalam memilih seledri untuk jus adalah seledri import.

“Seledri yang biasa kami minum untuk jus adalah seledri import, karena batangnya gede-gede. Biasanya batang seledri yang besar ini juga bisa dimakan dengan mayonnaise. Bedakan dengan seledri lokal, batangnya kecil-kecil, biasanya dipakai untuk sup. Nah, untuk jus jangan pakai seledri lokal, karena batangnya kecil, jadi nggak bakal keluar airnya,” ungkap Chelsea sambil lanjut memasukkan seledri ke dalam trolly.

Seledri - (Pixabay/dietmaha)
Seledri - (Pixabay/dietmaha)

 

Namun, gerak Chlesea terhenti sejenak, ia terkejut saat melihat harga seledri yang akan dibelinya. Menurut Chelsea seledri import kini harganya saat mahal. Ia pun memprediksi mungkin karena khasiatnya banyak, jadi peminatnya banyak dan harganya jadi mahal.

“Gila ini harganya mahal banget. 1,2 kilo gram harganya Rp233 ribu. Dulu aku beli satu ikat sekitar 1 kilo gram, harganya cuma Rp40 ribu,” keluhnya.

“Jadi aku saranin, buat kalian yang dapat harga seledri murah, langsung beli yang banyak buat stok,” cetusnya.

Selanjutnya Chelsea membagikan tips menyimpan, membersihkan, hingga membuat jus seledri.

Cara menyimpan :

Tips buat jus seledri ala Chelsea Olivia [youtube @Alinskie Family]
Tips buat jus seledri ala Chelsea Olivia [youtube @Alinskie Family]

- Untuk menyimpan seledri agar tetap crunchy, pertama-tama potong bagian pangkal batangnya.

- Ambil gunting, lalu potong-potong daunnya, karena daunnya tidak dipakai untuk jus. Menurut Chelsea daun seledri membuat rasa jus menjadi pahit. Tetapi daun jangan dibuang. Masukkan ke dalam plastik, lain waktu bisa diolah menjadi bahan membuat sup atau diblender menjadi masker rambut.

-  Potong juga bagian ujung batang, apalagi jika terdapat bagian batang yang busuk, lalu buang agar tidak menyebar ke batang yang masih segar.

- Untuk penyimpanan, ada dua cara. Cara pertama, batang dibungkus dengan tisu dapur, lalu dimasukan ke pastik. Cara kedua, bungkus pangkal batang dengan alumunium voile. Simpan di kulkas. Penyimpanan seperti ini aman untuk penyimpanan 4 pekan.

 

Cara membersihkan :

Tips buat jus seledri ala Chelsea Olivia [youtube @Alinskie Family]
Tips buat jus seledri ala Chelsea Olivia [youtube @Alinskie Family]

- Sebelum membuat jus, ambil batang seledri dari kulkas, lalu cuci di air mengalir.

- Gunakan sikat gigi baru untuk membersihkan sisa tanah yang masih menempel di batang. Lakukan dengan teliti agar tidak ada kotoran yang tersisa.

- Kemudian, jika Anda ingin menambah membersihkan dengan sabun khusus pencuci buah dan sayur, boleh saja. Tetapi Chelsea pasti membilasnya lagi dengan air matang.

- Keringkan.

 

Cara membuat jus Seledri:

Tips buat jus seledri ala Chelsea Olivia [youtube @Alinskie Family]
Tips buat jus seledri ala Chelsea Olivia [youtube @Alinskie Family]

- Setelah seledri bersih. Ambil juicer. Disarankan memakai slow juicer agar proses pemerasan air dari batang seledrinya sempurna.

- Nyalakan juicer, lalu masukkan batang seledri satu persatu.

- Tunggu sampai proses memeras air selesai, dengan tanda ampas batang seledri sudah keluar.

- Jika sudah selesai, keluarkan air perasan ke wadah.

- Lalu tuangkan ke gelas sebanyak 500 mili liter.

- Minum saat perut kosong pada pagi hari sebelum makan apa pun, jus seledri siap dinikmati. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Terkait

Terkini